intens.news
Mitra Informasi

1300 Tenaga Pendidik di Palembang Terancam Tak Dapat Honorarium

0 2.611

Intens.news, PALEMBANG – Pembayaran Honorarium guru dan tenaga honorer yang dibayar menggunakan Dana Bantuan Operasional (BOS) menjadi permasalahan. Hal ini disebabkan banyaknya Tenaga pendidik belum memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).

Berdasarkan data dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palembang, ada 1300 guru dan tenaga honorer di Palembang tak memiliki NUPTK dan terancam tidak mendapat honorarium.

“Sudah kami catat ternyata ada sebanyak 1300 guru dan tenaga honor di kota Palembang yang belum memiliki NUPTK,” Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang H. Ahmad Zulinto, Kamis (12/3/2020).

Untuk memecahkan permasalahan tersebut, Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Pendidikan Kota Palembang, akan mencoba membuat surat ke Kemendikbud untuk ditangguhkan.

“Kalau mau membayar gaji melalui bosnas dengan syarat NUPTK itu tak semuanya bisa dibayar karena tak semua punya NUPTK. Bagaimana kita mau membayar sedangkan kita butuh tenaga mereka,” tegasnya.

Selain itu, pihaknya juga mengambil langkah atas petunjuk Walikota dan Wakil Walikota Palembang untuk menggunakan dana Bosda (Bantuan Operasional Sekolah Daerah) untuk menggaji guru yang tidak punya NUPTK ini.

“Ini sedang kita proses sehingga permasalahan ini akan cepat mendapatkan solusi sehingga guru dan tenaga pendidik yang belum memiliki NUPTK ini bisa mendapatkan haknya sembari menunggu kebijakan dari pemerintah pusat,” ungkap dia.

Zulinto mengatakan, peran guru dan tenaga pendidik honorer ini sangat penting. Tanpa adanya mereka masalah kekurangan guru di kota Palembang ini tak teratasi.

“Apalagi kita saja masih kekurangan guru. Dan ditahun ini saja banyak guru yang akan pensiun. Seperti di SDN 129 misalnya di bulan Januari kemarin saja saya menandatangi delapan guru yang pensiun,” ungkap dia.

Karena itu, lanjut Zulinto, peran guru honorer ini sangat penting karena dapat menutupi kekurangan guru saat ini. “Kedepan tak menutup kemungkinan nanti tenaga honor ini akan diangkat,” pungkasnya.

Editor : Rian

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More