intens.news
Mitra Informasi

2.706 Calon Mahasiswa Perebutkan 1.700 Kursi USM UIN Raden Fatah

0 55

Intens.news, PALEMBANG – Sebanyak 2.706 calon mahasiswa (Cama) mengikuti tahapan seleksi Computer Based Test (CBT) di jalur Ujian Saringan Mandiri (USM) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang. Cama ini berkompetisi untuk memperebutkan 1.700 kursi yang tersedia.

Kepala Biro AAKK UIN Raden Fatah Palembang, Mirwan Fasta mengatakan, ribuan mahasiswa tersebut mengikuti CBT secara bertahap mulai 7-17 September 2020. Kegiatan tersebut dipusatkan di beberapa titik lokasi laboratorium komputer yang ada di sejumlah fakultas.

“Dari 2.706 peserta ini, akan memperebutkan berkisar 1.700 kursi saja. Artinya akan banyak yang gugur,” ungkapnya, Sabtu (19/9/2020).

Dijelaskannya, dalam ujian USM sendiri ada beberapa materi yang diujikan, seperti Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Potensi Akademik (TPA). “USM ini adalah jalur terkahir yang ada di UIN. Ini adalah kesempatan terakhir bagi calon mahasiswa untuk masuk UIN pada tahun ajaran baru 2020 ini,” tegasnya.

Ditambahkannya, usai pelaksanaan ujian panitia akan melakukan sidang kelulusan dan hasil kelulusan akan diumumkan pada 21 September 2020 mendatang. “Pengumuman akan diberikan secara online melalui situs resmi UIN Raden Fatah. Cama silahkan terus pantau website resmi UIN agar tidak tetinggal informasi,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I UIN Raden Fatah Palembang, Muhammad Adil mengatakan, UIN sendiri memiliki dua kategori penerimaan, yakni jalur seleksi nasional dan jalur seleksi lokal. Jalur nasional juga terbagi menjadi dua bagian, yakni jalur undangan dan jalur tes.

Dijelaskannya, jalur undangan terdiri dari dua jenis, yakni Seleksi Nasinal Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Jalur seleksi prestasi akademik perguruan tinggi keagaamn Islam (SPAN).

Sementara itu, jalur kedua melalui tes terdiri dari jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruaun Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (UMPTKIN).

Editor: Sadam

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More