intens.news
Mitra Informasi

2 Jembatan Dalam Kota Palembang Tahun Ini Direhabilitasi

0 9

Intens.news, PALEMBANG – Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN)  Sumatera Selatan rencananya akan melakukan rehabilitasi pada 2 Jembatan yang berada di dalam kota Palembang. Pertama jembatan Ogan 3 di Lingkar Selatan dan Jembatan Sekanak V di Demang Lebar Daun. 

“Jembatan Ogan 3 diperlukan penutupan selama 3 bulan, sebab adanya pekerjaan penggantian lantai jembatan. Sebab saat ini nilai kondisi jembatan Ogan 3 termasuk kedalam nilai NK 3, yang mana artinya sudah Iayak untuk ditangani secara rehabilitasi. Berbeda dengan Jembatan Sekanak tidak diperlukan penutupan jalan sebab tidak mengganti lantai jembatan,” kata Kepala BBPJN Sumsel Kiagus Syaiful Anwar.

Kata Syaiful, rencananya per tanggal 8 Juni 2021 rehabilitasi sudah mulai dilakukan dan untuk jembatan Ogan 3 akan dilakukan pengalihan rute arus lalu lintas.

“Bagi masyarakat yang berasal dari Jejawi OKI atau Jl. Talang Putri (Banyuasin) yang ingin menuju Gerbang Tol Keramasan dan Tol Palindra harus melewati Jalan Gubernur H.Bastari Wahid Hasyim Ki Merogan, begitu pun arah sebaliknya bagi masyarakat yang hendak menuju Jejawi (OKI) atau Jln Talang Putri (Banyuasin), berbelok masuk kearah Jl. Ki Merogan-Wahid Hasyim-Gub. Bastari,” ungkapnya.

Syaiful mengatakan, wilayah kerja BBPJN Sumsel, meliputi ruas jalan nasional sepanjang 1.600 Km dan jembatan sebanyak 481 buah. Di mana pelaksanaan kegiatan tahun 2021 didanai oleh APBD.

“Dengan pagu DIPA sebesar Rp1,59 Triliun. Dan total paket kontraktual tahun anggaran 2021 di lingkungan BBJN Sumsel sebanyak 64 paket,” ujarnya.

BBPJN Sumsel memiliki program proyek KPBU Preservasi Jalintim Sumsel, yang telah Financial Close pada tanggal 22 Februari 2021 di Kementerian Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Menurutnya, preservasi Jalintim Sumsel merupakan proyek KPBU pertama di sektor jalan non-tol di Indonesia. Hal ini merupakan bentuk kerjasama proyek KPBU Jalintim Sumsel, yang merupakan Design Build Finance Operatr Maintain Transfer (DBOFMT). “Ini dengan pengembalian investasi,  melalui skema Availability Payment (AP),” pungkasnya.

Editor : Ridiansyah

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More