intens.news
Memberi Informasi Bukan Sekedar Berita

21 Peserta Wakili Sumsel Pada PENTAS PAI KE IX TK Nasional

0 19

Intens.news, PALEMBANG – Sebanyak 21 peserta terpilih untuk mewakili Sumatera Selatan pada ajang Pekan Keterampilan dan Seni (PENTAS) Pendidikan Agama Islam ke IX Tingkat Nasional 2019 yang bakal digelar pada tanggal 9 hingga 14 Oktober 2019 yang akan datang di Sulawesi Selatan Kota makasar.

Untuk mempersiapkan dan memantapkan pemahaman lebih mendalam terkait kegiatan Pentas PAI Tingkat Nasional nanti, 21 peserta mengikuti Training Center Pemantapan Pekan Seni dan Keterampilan (Pentas) PAI selama tiga hari dari tanggal 7-9 Oktober 2019 di Hotel Grand Zuri Palembang.

Kegiatan pemantapan ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sumsel Al Fajri Zabidi. Dalam kegiatan ini juga hadir Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam H.Muhammad Ali, Kasi PAI pada Pendidikan Menengah Feri Irawadi, Kasi PAI pada Paud dan Dasar Al Fitran, Kasi Pontren H. Nirmanto, Kasi Sistim Informasi Salman Karomi, dan  Panitia maupun pendamping.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sumsel Al Fajri Zabidi mengatakan, Pentas PAI sebagai tolok ukur keberhasilan pembinaan PAI pada satuan pendidikan, meningkatkan keberanian dan kemandirian peserta didik dalam menumbuhkan bakat dan minatnya, serta menanamkan dan menumbuhkan ukhuwah islamiyah peserta didik sehingga rukun dan damai sebagai generasi penerus bangsa.

“Para peserta perlu memahami gelaran Pentas PAI ini, antara lain menumbuhkembangkan pembentukan sikap dan mental, sportifitas dan kejujuran peserta didiki bidang PAI,”ujar Fajri di hadapan 7 pendamping dan 21 peserta.

Menurutnya, Pentas PAI diharapkan bisa menumbuhkan sikap persatuan dan cinta NKRI dengan rasa tanggung jawab dan demokratis, untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik, meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalana peserta didik terhadap nilai-nilai ajaran Islam dalam kehidupan sehari.

Untuk itu, Fajri berharap kepada para peserta yang terpilih mewakil Sumsel untuk memiliki kebersaamaan, dan menjaga jaga kesatuan,  ini diperlukan dalam mengemban amanah.

“Sebagai Duta Sumsel mereka harus menjaga amanah, memiliki kebersamaan dan juga penting menjaga kesehatan, Ini juga merupakan bukan proses akhir, dan menjaga kesehatan.” harapnya.

Kepala Bidang PAKIS Kanwil Kemenag Sumsel M. Ali saat menyampaikan, selaku penanggung jawab kegiatan, Ia mengaku kegiatan pemantapan Pentas Seni PAI sangat penting untuk mempersiapkan dan memantapkan pemahaman lebih mendalam terkait kegiatan Pentai PAI Tingkat Nasional nanti. Untuk itu, 21 peserta mengikuti Training Center Pemantapan Pekan Seni dan Keterampilan (Pentas) PAI dengan tujuan menumbuh kembangkan sikap dan mental, sportif dan jujur, memberikan motivasi peserta agar lebih semangat berkompetisi nanti.

“Pemantapan ini bagian dari mempersiapakan mental para peserta agar lebih baik dan betul-betul mampu berkompetisi,” ujarnya.

Untuk diketahui, 21 peserta yang akan berkompetisi nanti mengikuti 7 tangkai lomba yaitu  MTQ SMP Putra/i 2 orang, MTQ SMA  Putra/i 2 orang, Lomba Pidato PAI (LPP) SMP Putra/i 2 orang,  Lomba Pidato PAI (LPP) SMA Putra/i 2 orang, Musabaqoh Hifczil Quran (MHQ) SMP Putra/i 2 orang,  Musabaqoh Hifczil Quran (MHQ) SMA Putra/i 2 orang, lomba Kaligrafi Islam SMP 1 orang, Lomba Debat PAI SMA/SMK 1 orang, Lomba Cerdas Cermat PAI 3 orang dan Lomba Senin Nasyid 4 orang.

Editor : Ridiansyah

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More