intens.news
Mitra Informasi

Air Liur Hewan Mamalia yang Terinfeksi Rabies dapat Tularkan Penyakit kepada Manusia

0 26

Intens.news, PALEMBANG – Kasi Pencegahan dan Penyakit Menular Dinas kesehatan Kota Palembang, Yudhi Setiawan, menyatakan Rabies sebuah penyakit yang diakibatkan virus yang ditularkan kepada manusia melalui air liur hewan yang terinfeksi.

Infeksi virus ini dapat menyebar kepada hewan lain maupun kepada manusia melalui gigitan hewan yang terinfeksi.

“Virus ini menyebar ketika air liur dari hewan yang terinfeksi masuk ke tubuh manusia melalui mulut, mata atau luka terbuka, hal ini terjadi ketika hewan tersebut menjilat bagian tubuh manusia yang sudah di gigitnya” jelasnya, jum’at (23/10/2020)

Yudhi mengatakan, hewan yang dapat menyebarkan virus rabies adalah hewan mamalia.

“Seperti kucing, anjing, sapi, kambing, musang, kelelawar, rakun, serigala, monyet dan masih banyak yang lainya”ungkapnya

Saat terinfeksi rabies sudah terjadi dan menimbulkan tanda dan gejala, tidak ada penanganan yang dapat diberikan secara efektif. Pasalnya, infeksi virus ini merupakan infeksi yang fatal yang bisa menyebabkan hilangnya nyawa

Ia mengatakan, untuk gejala awal dari rabies seperti gejala flu hingga beberapa hari, namun, selanjutnya gejala akan berkembang semakin parah.

“Demam, nyeri kepala, mual, muntah, rasa gelisah dan tidak nyaman, rasa cemas berlebihan, kebingungan, hiperaktif, sulit menelan, air liur menjadi banyak, takut kepada air, halusinasi, insomnia, kelumpuhan sebagian anggota gerak,” tandasnya.

Untuk pencegahan infeksi virus rabies ini sendiri dengan mengurangi risiko terpapar dengan hewan yang terinfeksi virus.

“Melakukan vaksinasi ketika berencana untuk bepergian ke daerah dimana virus rabies masih umum untuk ditemukan,¬†melakukan vaksinasi pada hewan peliharaan, menjaga hewan peliharaan agar tidak memiliki kontak dengan hewan yang terinfeksi rabies, melaporkan kepada pihak berwenang ketika menemui hewan dengan gejala rabies, jangan mendekati hewan liar,” tuturnya.

Editor : Rian

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More