intens.news
Mitra Informasi

Aksi Langkah, Reog Ponorogo dan Kuda Lumping Tampil di Opimall

0 59

Intens.news, PALEMBANG – Pertunjukan Aksi Reog Ponorogo dan Kuda Lumping dari Paguyuban Warga Ponorogo (Pawargo) pertama kalinya di laksanakan di Opimall pusat rekreasi di Kota Palembang. Pertunjukan ini di gelar dengan sangat meriah dan ramai ditonton oleh warga Sumatera Selatan, Rabu (11/11/20).

Penasehat Paguyuban Warga Ponorogo Pawargo Slamet Sumosuntono mengatakan, Kerajaan Mojopahit atau orang Jawa telah diterima dari zaman dahulu oleh Raja Sriwijaya atau Kerajaan Sriwijaya hingga sekarang masih diterima oleh warga Sumatera Selatan.

“Alhamdulillah, sampai sekarang masih kondusif dan tidak ada masalah. Kita saling menghormati asah-asih-asuh, sehingga mempunyai budaya atau culture yang sangat luarbiasa,” tutur Slamet yang kerap sekali di panggil dengan pak de di kalangan Pawargo, Rabu (11/11/20).

Dengan adanya Pawargo ini, menjadi alat pemersatu sarana dan prasarana serta dapat memfokuskan kepada budaya Paguyuban Jawa dan Sumatera. Hal ini dapat menjadi satu kesatuan yang kokoh yang tidak bisa terpisahkan.

“Pertunjukan ini cukup lumayan karena kegiatan ini yang langka karena ada kuda lumping, reog barong menjadi satu dan kemudian lokasi pertunjukannya ada di mall. Di tempat nya sana seperti Ponorogo, Wonogiri, Surabaya tidak ada kuda lumping masuk mall itu tidak ada kecuali di Palembang,” bebernya.

Warga Sumsel ini kaya akan budaya yang sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kebudayaan yang ada di Sumsel.

“Maka wajib bagi kita membangun seni budaya yg ada di Sumsel. Kupas terus budaya – budaya dari kita,” tuturnya.

Editor : Rian

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More