intens.news
Mitra Informasi

Alex Noerdin: Sumsel Bakal Jadi Provinsi Pertama Seluruh Daerahnya Terpasang Jargas

0 26

Intens.news, PALEMBANG – Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, yang juga mantan Gubernur Sumsel dua periode, Alex Noerdin, menyatakan optimis Sumsel akan menjadi provinsi pertama yang seluruh daerahnya terpasangan jaringan gas (Jargas). Ini pun dijadikannya pekerjaan rumah selama dirinya menjabat anggota DPR RI. 

Pernyataan ini disampaikannya menjawab tantangan dari Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), Fanshurullah Asa dalam sambutannya pada sosialisasi tugas fungsi dan capaian kinerja BPH Migas tahun anggaran 2020, di ballroom Hotel Aryaduta Palembang, Jumat (16/10/2020).

“Permintaan kepala BPH Migas agar di 17 kabupaten/kota di Sumsel terpasangan jaringan gas, akan menjadi PR saya, insyaallah akan saya usahakan (terwujud),” ujar Alex.

Menurut Alex, target Sumsel menjadi provinsi pertama yang daerahnya terpasangan jaringan gas, sangat mungkin terealisasi, mengingat Sumsel merupakan daerah penghasil Migas.

“Saya menjadi saksi, saat 15 tahun lalu saya jadi Bupati Muba menyaksikan pengiriman pertama gas dari Muba ke Singapura, untuk menerangi Singapura. Sekarang ini harus kita manfaatkan sendiri, apalagi kawasan gas itu banyak berasal dari Sumsel,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa mengatakan, saat ini sudah terpasangan 75 ribu jaringan gas rumah tangga di seluruh Sumsel. Diantaranya di Kota Palembang, Prabumulih, Kabupaten PALI, Musi Rawas, Muara Enim, Muba dan Ogan Ilir.

“Sekarang ini baru 7 kabupaten di Sumsel yang sudah terpasangan jaringan gas, karena Sumsel ini daerah lumbung energi, maka ini menjadi tantangan agar Sumsel menjadi provinsi pertama yang seluruh daerahnya menggunakan jaringan gas,” katanya.

Senada, Ketua DPRD Sumsel Anita Noeringhati yang hadir dalam kesempatan itu menyatakan dukungannya terhadap tantangan yang dilontarkan Kepala BPH Migas tersebut. Menurutnya, kepala daerah masing-masing kabupaten/kota di Sumsel harus juga berperan aktif dalam merealisasikan tantangan ini.

“Kepala daerah harus berperan dalam merealisasikan tantangan agar Sumsel menjadi provinsi pertama yang seluruh daerahnya terpasang jargas, ini sangat mungkin bisa terlaksana, mengingat Sumsel merupakan provinsi lumbung energi,” terangnya.

Editor: Sadam

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More