intens.news
Mitra Informasi

Anak Ikut PAS Ganjil, IRT pun Dibuat Sibuk

0 32

Intens.news, PALEMBANG – Dihari kedua Pelaksanaan penilaian akhir semester (PAS)  ganjil yang digelar secara daring dan luring saat ini tengah berlangsung, bukan hanya siswa yang sibuk, namun kesibukan para orangtua pun ikut terusik.

Nunung. Ibu tiga anak ini juga harus menyisihkan waktu setengah harinya untuk mengajarkan kedua anaknya yang masig duduk dibangku madrasah ibtidaiyah ini.

“Kebetulan kami daring jadi lewat hp soalnya dikirim guru. Tapi anak-anak tetap kerjakan soal dikertas lalu nanti dikumpul satu jam setelahnya,” ungkap dia.

Diakuinya, dua hari ini menjadi beban yang cukup banyak karena harus mengajarkan kedua anaknya belajar.

“Ini yang buat pusing dan kadang naik darah kalau anak diajari suka main-main, yang ulangan ini emaknya buka  anaknya,” ujar dia.

Ulangan ini, kata dia akan berlangsung sampai hari Jumat nanti. “Jadi harus banyak -banyak sabar dan siapkan mental ngajari anak. Tiap pagi rela belum masak dulu yang penting anak ulangan dulu,” tegasnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Adis, Pagi-pagi usai mencuci baju,  ibu rumah tangga ini bergegas mengambil soal ke sekolah yang berada sekitar 50 meter dari rumahnya.

Adis harus berpacu dengan waktu mengambil soal ujian anaknya agar dapat diselesaikan dan dikumpul tepat waktu.

“Hari ini ulangan IPS dan olahraga,” ujar ibu Putri siswi kelas 4 SD, Selasa (1/12/2020).

Adis nampak terlihat berkumpul dengan para orangtua lainnya yang mengerjakan soal.

“Sudah dua hari ini selama PAS kami kumpul mengerjakan di satu rumah karena ada siswa yang rumahnya jauh, takutnya terlambat mengumpul jadi ada yang menumpang disini,” jelas dia.

Selain bisa berkumpul bersama setidaknya juga bisa memacu semangat anaknya untuk mengerjakan soal.

“Sebenarnya ujian seperti ini malah kami orang tuanya yang repot dan juga ikut belajar. Aduh pusing rasanya lihat soal yang banyak ini,” ujar ibu dua anak ini.

Adis mengaku terkadang ada soal yang tidak tahu ia jawabannya tapi tetap harus dijawab.

“Ini soalnya ada 20 pilihan ganda dan 5 essai. Dua mata pelajaran ini harus diisi semua dan jam 10.30 harus dikumpul lagi ke sekolah,” jelas dia.

Editor : Rian

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More