intens.news
Mitra Informasi

Anjing Akan Dipasang Microchip

0 20

Intens.news, PALEMBANG – Pemkot Palembang melalui Dinas Pertanian bersama Dokter Hewan Indonesia (PB PDHI) akan melakukan pendataan hewan peliharaan berpemilik anjing di Kota Palembang.

Ketua PB PDHI  DR. Drh. M. Munawarah mengatakan, kedepan setiap anjing berpemilik akan dipasang microchip sebagai tanda hewan itu telah di suntik rabies. “Harapan Pak Walikota  di tahun mendatang kota Palembang ini terbebaskan dari hewan rabies,” ujarnya,  Kamis (14/10/2021). usai bertemu dengan Walikota Palembang H Harnojoyo.

Dia menjelaskan, dalam microchip itu yang akan dipasang di leher belakang anjing ini, akan terpasang identitas si anjing dan pemiliknya. “Microchip ini sebagai pendataan identitas hewan dan status kesehatannya,” ucapnya.

Munawarah menuturkan, untuk hewan berpemilik ini pun akan dibatasi jumlahnya untuk setiap pemilik hanya boleh memelihara lima anjing saja.

“Pemkot Palembang akan mengeluarkan aturan masyarakat itu tidak boleh memelihara lebih dari 5 ekor anjing,” katanya.

Munawarah menegaskan, pihaknya juga akan mendata jumlah anjing liar ini. Pemerintah akan melakukan pengelolaan yaitu ditempatkan di dalam sebuah shelter, kemudian hewan tersebut wajib di vaksin dan dimasukan kembali ke shelter selamanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kota Palembang, Sayuti, mengatakan, aturan ketat kepemilikan dan identitas hewan tersebut telah diatur dalam Perwali.

“Kita masih terkendala, karena pendataan  belum rampung sepenuhnya. Kita selalu jemput, contohnya kemarin ada surat dari Kelurahan Sako untuk vaksin, ya ini bikin sehari dua ini kita datang kita jemput bola dan vaksinasi gratis,” tandasnya.

Editor : Ridiansyah

 

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More