intens.news
Mitra Informasi

Antar Minyak Ilegal dengan Upah Rp 500 Ribu, Muslim Diganjar Hukuman 1,6 Tahun Kurungan dan Denda Rp 1 Miliar

0 17

Intens.news, PALEMBANG- Muslim terdakwa yang diduga melakukan pengangkutan minyak mentah ilegal tanpa izin ini akhirnya di ganjar hukuman kurungan 1 tahun 6 bulan dan denda Rp 1 Miliar yang mana apabila tidak dibayar mendapat hukuman tambahan 6 bulan kurungan. 

Hal tersebut disampaikan langsung oleh hakim ketua Toch Simanjuntak di ruang sidang Pengadilan Negeri Klas 1 A Khusus, Kamis (21/1/2021).

Dalam amar putusan yang dibacakan Hakim Ketua Toch menerangkan bahwa terdakwa terbukti bersalah telah melakukan tindak pidana Pasal 53 huruf b UU RI Nomor 22 Tahun 2001 tentang Migas Jo Pasal 55 Ayat (1) Ke-1 KUHP.

“Untuk hal-hal yang meringankan bahwa terdakwa mengakui kesalahannya dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatan tersebut,” ucap hakim Toch.

Mendengar putusan tersebut, terdakwa muslim pun mengajukan pikir-pikir apakah menerima atau mengajukan banding. “Minta waktu untuk pikir-pikir pak hakim,” ucapnya.

Dengan demikian sidang pun dianggap selesai dan ditutup oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Klas 1 A Khusus Kota Palembang.

Dalam dakwaan dijelaskan bahwa terdakwa ditangkap pada bulan Oktober 2020 lalu di Jalan Lintas Palembang-Jambi Kabupaten Musi Banyuasin.

Saat itu tim Polda Sumsel mendapat laporan dari masyarakat bahwa di Desa Sukajaya Kecamatan Bayung Lincir sering terjadi pengangkutan minyak mentah tanpa izin.

Dengan demikian, pihak kepolisian pun langsung melakukan pengecekan ke desa itu. Setibanya disana pihak kepolisian melihat sebuah truck sedang parkir di salah satu rumah makan daerah tersebut.

Melihat hal tersebut, pihak kepolisian langsung melakukan pengecekan truk tersebut beserta supirnya yang saat itu ialah terdakwa Muslim.

Saat melakukan pengecekan, Muslim mengakui telah membawa minyak ilegal tanpa ada surat izin sebanyak 12 liter.

Menurutnya ia diupah oleh temannya Rafik (DPO) dengan uang Rp 500.000 ribu per sekali membawa minyak dari desa Bangku Jambi menuju ke Desa Sukajaya Kecamatan Bayung Lincir Kab Musi Banyuasin.

Dari pengakuan tersebut, terdakwa Muslim dibawa ke Polda Sumsel untuk diperiksa dan ditindaklanjuti.

Editor : Ridiansyah

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More