intens.news
Mitra Informasi
intens hari raya

Antisipasi Penularan Covid, Lapas Pagar Alam Tidak Ada Jam Besuk Lebaran

0 17

Intens.news,PAGARALAM – Selama pandemi Covid 19 melanda, hingga saat ini belum ada petunjuk atau edaran kerabat diperbolehkan melakukan besuk atau kunjungan ke warga binaan di Lapas Kelas III Pagar Alam.

Hal ini sebagai bentuk antisipasi penularan Covid 19 dilingkup lembaga pemasyarakatan. Imbas merebaknya wabah Covid 19 di Indonesia, membuat aktifitas di sejumlah institusi  mau tak mau melakukan serangkaian upaya antisipasi

“Hingga saat ini belum ada petunjuk dari kantor Kanwil ataupun Kemenkum HAM RI prihal akan diberlakukan kunjungan ke dalam Lapas,” ujar Kalapas Kelas III Pagaralam, Jalaludin Kepada intens.news, Selasa (4/5/2021)

Dia menambahkan, pihaknya masih menunggu perkembangan terbaru hingga mendekati hari raya Idul Fitri mendatang. Yang jelas, personel tetap melakukan pengawasan serta pengamanan di lingkup Lapas.

“Bahkan, untuk pengamanan jelang lebaran nanti kita justru tidak lengah malah justru meningkatakan pengamanan,” katanya.

Langkahnya, terang Jalal, dengan melakukan penambahan personel. “Ada tambahan 3 personel setiap shift jaga pagi dan siana. Jadi ada 7 personel berjaga 5 orang diantarnaya difokuskan di Penjaga Pintu Utama,” katanya.

Kendati tidak ada jam besuk, namun tetap ada kelonggaran bagi kerabat napi untuk menitipkan paketan barang atau makan-makanan.

“Terhadap fungsi penjagaan pintu untuk lebih teliti dalam melakukan pengecekan terhadap para tamu yang akan memberikan paketan kepada para warga binaan,” lanjut dia.

Dia sebelumnya juga menyebutkan, penjagaan yang diperketat di pintu masuk tak lain antisipasi peredaran barang barang yang dilarang masuk ke lingkungan Lapas. Salah satunya narkotika atau benda terlarang lainnnya.

“Kami harus selalu waspada jangan sampai kecolongan. Alhamdulillah selama Ramadhan belum adanya temuan barang-barang yang dilarang kita temukan,” pungkasnya.

Editor: Deddy Pranata

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More