intens.news
Mitra Informasi

Bantu Pelaku Usaha di Tengah Pandemi, Dinas Perindustrian Salurkan Bantuan Rp 2,6 Miliar

0 11

Intens.news, PALEMBANG – Dinas Perindustrian Kota Palembang kembali menyalurkan bantuan bertahap untuk pelaku usaha di kota Palembang, mulai dari sandang, pangan, logam besi dari Kementerian Keuangan dengan nilai bantuan Rp2,6 miliar.

Kepala Dinas Perindustrian Kota Palembang Novran Hansyah Kurniawan mengatakan, pihaknya telah menyalurkan bantuan dari Kementerian Keuangan mulai tahun 2020 lalu berbentuk alat kepada pelaku usaha yang tersebar di kota Palembang.

“Seperti dibidang pangan dimana kami memberikan alat berubah mesin pengolahan kopi, oven kue, oven kiler serta vakum pempek. Di Bidang sandang diberikan kepada sentra tenun tuan kentang, bidang logam dan besi,”kata Novran, Selasa (23/2/2021)

Bukan hanya diberikan alat saja namun pihaknya juga memberikan pelatihan langsung, seperti pelatihan barista untuk pelaku usaha kopi serta memberikan pelatihan servis AC.

“Alat bagi pengusaha kafe kopi kita beri alat penggiling, dimana selama ini pelaku usaha melakukan proses pembuatan dan giling dikirim ke Jakarta. Nah, dengan alat sendiri mereka dapat memangkas ongkos produksi, sedangkan masyarakat yang mengikuti servis ac kita beri semua alat, mulai dari kompresor sampai tangga untuk perbaikan ac kita berikan,”jelas dia

Menurut Novran, pandemi covid 19 berdampak langsung bagi pelaku usaha dan masyarakat, pemberian bantuan dan pelatihan yang diberikan Pemkot Palembang dalam upaya meningkatkan daya saing pelaku usaha juga memberikan lapangan kerja dengan keterampilan.

“Artinya masyarakat bisa mandiri dengan keahlian yang didapat serta ditunjang alat yang memadai,”ujarnya

Sementara itu, Toni (45) salah satu korban pemutusan hubungan kerja (PHK) merasa terbantu dengan pemberian pelatihan dan pemberian alat untuk servis ac dari pemerintah.

“Sebelumnya bingung mau kemana setelah di phk, dapat informasi dari sesama teman phk ada pelatihan servis ac saya sangat tertarik apa lagi mendapatkan alat hingga saya bisa mandiri,”singkatnya.

Editor : Fadhil

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More