intens.news
Mitra Informasi

Bantu Promosi, Pemerintah Agendakan Event Festival Kopi

0 19

Intens.news, PAGARALAM – Pengembangan usaha Kopi di Kota Pagar Alam jadi perhatian serius pemerintah Kota Pagar Alam saat ini. Bahkan, belum lama ini salah satu Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) mendapat Bantuan pemerintah melalui program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) berupa satu unit rumah produksi kopi yang dilengkapi dengan 10 unit solar dry (alat penjemur kopi) tepatnya di KSM Maju Bersama Kelurahan Candi Jaya Kecamatan Dempo Tengah.

Walikota Pagar Alam Alpian Maskoni, yang saat itu menyerahkan secara simbolis Bantuan Pemrintah (BPM) senilai Rp1 miliar dan melakukan peletakan batu pertama pembanguan rumah produksi mengapresiasi kalangan petani kopi yang sudah melirik bubuk kopi kemasan berlabel kopi premium. Bahkan Walikota bangga dengan mulai menjamurnya kedai kedai kopi yang ada di Kota Pagaralam, tak sedikit barista atau penyaji ragam menu kopi adalah anak anak muda.

“Pagar Alam memiliki potensi besar untuk pengembangan kopi, sehingga tahun tahun depan kita agendakan kegiatan festival kopi  berkelas nasional untuk mempromosikan kopi pagar Alam sebagai komoditi andalan,” papar Wako.

Menyikapi akan adanya rencana ini, Rio salahsatu penggiat kopi justru sangat setuju dan sangat mengharapkan jika Kota Pagar Alam ada event tahunan seperti festival kopi.

“Karena dengan even teraebut petani atau pebisnis kopi bubuk tidak sekedar hanya bisa mempromosikan kopi yang mereka produksi namun moment tersebut menjadi ajang pelaku  usaha kopi bertemu dengan buyer atau pembeli,” katanya.

Senada disampaikan dengan Indra, pemain kopi mulai dari greenbin dan bubuk ini juga sangat mengharapkan petani ataupun pelaku industry kecil kopi ada solusi untuk pemasaran kopi.

“Saat ini, kita sedang membuat forum komunitas kopi melibatkan penggiat kopi baik itu petani sekaligus pelaku industry bubuk kopi kemasan. Wadah ini sebagai tempat untuk belajar mengenai industri kopi muali dari hulu ke hilirnya, sekaligus bersama-sama mencari solusi untuk mempromosikan serta mencari peluang pasar kopi,” pukasnya.

Editor : Rian

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More