intens.news
Mitra Informasi

Baru Dianggarkan 2021, Warga Buat Jembatan Darurat

0 31

Intens.news, PAGARALAM – Masyarakat Dusun Cawang dan Curup, Kelurahan Muara Siban, Pagaralam, bergerak cepat melakukan gotong royong membangun jembatan sementara.

Pembangunan jembatan sementara ini dilakukan pasca dari ambruknya Jembatan Ayek Cawang di Kelurahan Muara Siban, Kecamatan Dempo Utara, yang ambruk sekitar 10 meter, pada Senin (20/1/2020), sekitar pukul 17.30 WIB.

Gotong royong ini dikomandoi Lurah Muara Siban, Ikhsan Syahputra dan disaksikan langsung Camat Dempo Utara, Arjanggi Priatna Hutama dengan menggunakan ekskavator.

“Ekskavator dikerahkan untuk membantu pemasangan jembatan darurat di atas Sungai Cawang, Dusun Cawang Lame, Kelurahan Muara Siban,” ujarnya, Rabu (22/1/2020).

Dikatakanya, rencananya jembatan darurat ini akan dipakai masyarakat untuk ke luar masuk Dusun Cawang Lama. sebagai solusi sementara untuk melancarkan aktivitas pasca ambruknya jembatan utama.

Kepala Dinas PU Tata Ruang Kota Pagaralam,  melalui Kabid Bina Marga, Ardiansyah mengatakan, pihaknya akan mengupayakan pembuatan jembatan baru di lokasi kerusakan.

“Direncanakan akan dibuat baru. Yang mana bentang jembatannya akan dibuat lebih panjang. Jika tak ada halangan dan memang memungkinkan melalui APBD Pagaralam tahun depan, yaitu anggaran 2021 dirincikan sekitar Rp1,5 miliar,” katanya.

Lanjut Adriansyah, semula bentangan jembatan lama sekitar 10 meter. Nantinya akan dibangun dengan bentangan sedikit lebih panjang mencapai sekitar 16 meter.

“Demikian juga dengan kontruksi pondasi Abutmen jembatan semula pasangan batu kali, akan diganti dengan pondasi sumuran dan abutmen dengan beton bertulang,” terangnya.

Editor: Sadam

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More