intens.news
Memberi Informasi Bukan Sekedar Berita

Bawang Merah, Komoditas Penyumbang Inflasi Terbesar di Sumsel

0 24

Intens.news, PALEMBANG – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Endang Tri Wahyuningsih, menyatakan untuk komoditas penyumbang inflasi terbesar adalah bawang merah.

“Inflasi penyumbang terbesarnya ada di kota Palembang, selain bawang merah ada juga sepeda motor, perhiasan dan rokok kretek,” katanya, Senin (2/11/2019).

Menurut Endang, untuk inflasi di Sumsel sampai November 2019 sebesar 0.27 persen, Palembang 0.3 persen dan Lubuk Linggau 0.04 persen.

“Kalau kita lihat tahun kalender Sumsel 1.168 persen, dan untuk target Pemprov Sumsel 3.5 plus minus 1 persen, artinya inflasi komulatif 4.5 persen. Tapi kita sekarang ada diangka 1.67 persen,” ungkapnya.

Dijelaskannya, untuk angka pertumbuhan ekonomi di triwulan III sebesar 5.67 persen. Walaupun angka tersebut di atas nasional, tapi nilai tukar petani dari segi perkebunan masih kurang sejahtera.

“Nilai tukar petani ini yang menjadi pekerjaan rumah kita sekarang, tapi sudah mulai merangkak naik, karena ada keberhasilan pasti ada catatan,” tuturnya.

Dia mengimbau, agar masyarakat dan tim pengendali inflasi daerah me-warning kelompok bahan makanan dan transportasi, karena akan berdampak naik saat tahun baru dan natal.

Editor: Sadam

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More