intens.news
Mitra Informasi

Bawaslu Ingatkan KPU untuk Segera Hapus Data Pemilih tak Penuhi Syarat

0 34

Intens.news, OKU TIMUR – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten OKU Timur mengingatkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU), untuk segera memastikan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) yang sudah dimutakhirkan di tingkat PPK memang sudah akurat.

Komisioner Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu OKU Timur, Beni Tenagua mengatakan, pihaknya dalam Rapat Koordinasi (Rakor) sebelum penetapan DPT telah menyampaikan kepada KPU OKU Timur untuk memastikan akurasi DPSHP untuk Pilkada serentak 2020.

“Pastikan masyarakat OKU Timur yang sudah memenuhi persyaratan masuk di DPSHP yang akan ditetapkan menjadi DPT nantinya pada 16 Oktober 2020. Pastikan juga bagi pemilih yang tidak memenuhi syarat untuk dihapus, ” katanya, Kamis (15/10/2020).

Menurutnya, penghapusan pemilih yang tidak memenuhi syarat agar menghasilkan mata pilih yang akurat, di mana DPT tersebut akan dipakai pada hari pencoblosan 9 Desember 2020.

“Kami juga mengimbau KPU untuk memperhatikan juga pemilih yang ada dilapas martapura agar bisa memilih pada hari pencoblosan,” imbuhnya.

Bawaslu OKU Timur berharap tahapan pilkada berjalan dengan baik dan  tidak ada residu, apalagi tentang permasalahan Daftar Pemilih Tetap.

KPU OKU Timur menemukan sedikitnya 10.642 jiwa, warga Bumi Sebiduk Sehaluan belum melakukan perekaman e-KTP. Namun, jumlah warga tersebut telah memenuhi syarat untuk dapat melakukan pencoblosan dalam Pilkada Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur pada 9 Oktober 2020.

“Menurut kadin capil mudah-mudahann jumlah tersebut sudah berkurang karena setiap hari pasca selesai coklit dan dilaporkan yang belum merekam sudah dilaksanakan perekaman,” terang Beni Tenagus.

Dalam rakor sebelumnya, Bawaslu OKU Timur menemukan sedikitnya 1.472 pemilih ganda yang masuk dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah OKU Timur beberapa waktu lalu.

Editor: Sadam

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More