intens.news
Mitra Informasi

Bawaslu Sumsel Apresiasi Program SKPP

0 18

Intensnews, PALEMBANG- Badan Pengawas Pemilu Provinsi Sumatera Selatan Selatan (Bawaslu)  Sumsel adakan kegiatan Sekolah Kader Partisipatif SKPP tingkat Menengah Provinsi Sumatera Selatan tahun 2021 mulai tanggal 21 sampai 25 Oktober 2021 bertempat di Hotel The Zuri Palembang dengan peserta yang diambil dari kader SKPP tingkat dasar sebanyak 30 orang dengan tujuan kegiatan untuk menciptakan Kader Pengawas Pemilu yang dapat berpartisipasi aktif dalam mempublikasikan pengawasan kepada masyarakat dan agenda-agenda pemilu kedepannya.

BAWASLU Sumsel sangat mengapresiasi program SKPP yang digagas BAWASLU RI dalam upaya transfer knowledge untuk menumbuhkan kader-kader yang merupakan hal yang sangat baik karena semakin banyak peserta mengikuti Sekolah Kader Pengawas Partisipatif ini, maka semakin baik kualitas demokrasi dan kualitas Pemilu khususnya di Provinsi Sumatera Selatan.

Di Sumsel ada 6 Kabupaten / Kota yang menyelenggarakan Sekolah Kader Pengawas Partisipatif tingkat Dasar yaitu Kota Palembang, Kabupaten Banyuasin dan Kabupaten Ogan Ilir yang dipusatkan di Kabupaten Banyuasin dengan peserta 91 orang. Kemudian untuk di Kabupaten Muara Enim, Kota Lahat dan Kota Prabumulih yang dilaksanakan di Kabupaten Muara Enim dengan peserta sebanyak 83 orang. Total keseluruhan dari tahun 2018 s/d 2021 sebanyak 679 kader SKPP di Sumsel.

BAWASLU RI telah memberikan sarana belajar dari berbagai sumber untuk para kader dan para kader diharuskan memiliki kreatifitas, kemandirian yang didapat juga dari organisasi di ruang public yang bisa disumbangsihkan bagi masyarakat.

Para Kader Sekolah SKPP Tingkat Menengah diharapkan semangat dan komitmen yang merupakan modal untuk mengembangkan diri dan meningkatkan kualitas yang nanti bisa bersama-sama menata demokrasi dan menyelenggarakan Pemilu yang akan datang.

Pada acara tersebut sambutan dari Gubernur Sumatera Selatan yang diwakili Kepala Kesbang Provinsi Sumsel Bpk. Kurniawan menyampaikan bahwa perlu digaris bawahi agar azas Pemilu harus selaras dengan pendidikan politik bagi masyarakat dan diperlukan peran pengawasan supaya pesta demokrasi 5 tahun sekali tersebut dapat berjalan dengan lancar dan memberikan hasil terbaik khususnya untuk Provinsi Sumsel dan juga Republik Indonesia.

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan sangat mengapresiasi keseriusan yang dilakukan BAWASLU atas pembentukan SKPP sebagai suatu wadah atau sarana untuk melibatkan peran masyarakat dalam mensukseskan pesta demokrasi.

“Kita semua harus memiliki komitmen bersama untuk bersungguh-sungguh dalam mensukseskan pesta demokrasi 5 tahun sekali dengan tetap menjaga dan memelihara keamanan serta ketertiban di daerah masing-masing untuk mencegah timbulnya permasalahan serta konflik yang dapat berdampak pada keutuhan NKRI”, ungkapnya.

Pemilu juga dapat diartikan bagaimana rakyat menggunakan kedaulatannya dalam menentukan siapa yang layak memimpin. (Manda sari)

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More