intens.news
Mitra Informasi

Baznas Sumsel Peringatkan Lembaga Zakat Segera Lakukan Ini

0 74

Intens.news, PALEMBANG – Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Najib Haitami mengingatkan sejumlah Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang melakukan pengumpulan zakat dari para muzakki (pembayar zakat) di Sumsel untuk segera memenuhi semua persyaratan yang diwajibkan Undang Undang (UU) Nomor 23/2011 tentang Pengelolaan Zakat.

Lebih lanjut Najib Haitami menjelaskan, pada dasarnya Baznas Sumsel menyambut dengan gembira, keberadaan sejumlah LAZ di wilayah Provinsi Sumsel yang belakangan kian banyak bermunculan.

Namun demikian, Najib yang merupakan mantan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumsel ini menyayangkan, minimnya koordinasi yang dari sejumlah LAZ yang ada di Sumsel ini kepada pihaknya.

“Kita LAZ yang ada di Sumsel untuk secepatnya memenuhi persyaratan yang diamanahkan UU, dan setidaknya melapor ke Baznas Sumsel terlebih dahulu, sebelum melakukan kegiatan pengumpulan zakat maupun penyaluran bantuan kepada masyarakat di Sumsel,” kata Najib, Rabu (12/8/2020).

Lebih lanjut Najib mengakui, bukannya Baznas Sumsel bermaksud memonopoli, meski menurutnya tidak sedikit lembaga zakat yang berpendapat demikian, namun hal itu memang dimanahkan dalam UU.

“Kami ingin mengajak semua LAZ yang ada di Sumsel ini untuk bersatu dan bersama-sama mematuhi aturan yang ada, baik aturan agama Islam, maupun aturan negara, dengan Baznas sebagai koordinatornya,” ungkapnya.

Hingga saat ini masih menurut Najib, dari sekian banyak LAZ yang ada dan melakukan aktivitas pengumpulan dan penyaluran zakat serta sedekah di Sumsel. “Baru ada tiga lembaga yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan, diantaranya adalah Dompet Dhuafa Palembang dan Daarut Tauhiid (DT) Peduli Sumsel,” terangnya.

Editor : Ridiansyah

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More