intens.news
Mitra Informasi

Begini Pelaksanaan Upacara HUT RI Ditengah Pandemi yang akan Digelar di Pemprov Sumsel

0 23

Intens.news, PALEMBANG – Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Sumsel, Akhmad Najib memastikan, pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan RI ke 75 tahun ini di tingkat Provinsi Sumsel tetap digelar di Griya Agung Palembang, meski ditengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

Dijelaskan Najib, upacara akan digelar dengan skema minimalis, khidmat, dan meriah. Dimana menurutnya, saat selesai upacara itu akan bergabung ke Istana Merdeka secara virtual, untuk mengikuti upacara detik-detik peringatan kemerdekaan RI.

“Dalam suasana pandemi Covid-19 ini tetap kita terbatas artinya, minimalis, meriah, dan khidmat, dan terlebih lagi saat detik-detik peringatan kemerdekaan sekitar pukul 10.00 WIB, dan saat itu masyarakat diminta menghentikan aktifitasnya untuk sama-sama melaksanakan sikap sempurna, bahwa saat itulah kemerdekaan kita di deklarasikan,” kata Najib kepada wartawan di Kantor Gubernur Sumsel, Kamis (30/7/2020).

Dijelaskan Najib, sebagai pemberitahuan kepada masyarakat, khususnya di Kota Palembang, untuk mengambil sikap sempurna saat detik-detik pengibaran bendera pusaka, dilakukan melalui simbol suara sirene dari mobil kebakaran ataupun ambulance agar masyarakat ingat dan menyadari, termasuk memasang bendera di kediaman masing-masing.

“Karena terkadang masyarakat kita lupa dan tidak menyadari bahwa hari tersebut merupakan hari kemerdekaan, makanya kita perlu menyampaikan untuk memasang bendera,” imbuhnya.

Selain itu masih menurut Najib, sesuai aturan dari Sekretariat Kepresidenan pula, pelaksanaan upacara HUT kemerdekaan RI di tingkat daerah tahun ini, digelar dengan jumlah peserta yang dibatasi hanya 20 orang saja, dari berbagai unsur matra yang ada di Provinsi  Sumsel, serta pengibar bendera yang hanya tiga orang saja, tanpa pasukan.

“Bukan seperti dulu ada pasukan pengibar benderanya, tahun ini hanya tiga orang, dan ini membuktikan bahwa kita tetap khidmat di masa pandemi Covid-19 ini melaksanakan peringatan proklamasi kemerdekaan. Dan yang utama adalah waspada Corona kita tetao melaksanakan upacara dan detik-detiknya dipusatkan di Jakarta, semuanya seluruh Indonesia melalui virtual,” pungkasnya.

Editor : Ridiansyah

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More