intens.news
Mitra Informasi

Berikut Daftar Harga Pangan OP Jelang Ramadhan dan Idul Fitri

0 10

Intens.news, PALEMBANG – Untuk meminimalisir kemungkinan adanya lonjakan harga pangan saat bulan suci Ramadan dan hari raya Idul Fitri 1442 Hijriyah, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) telah menggelar operasi pasar (OP) murah.

Berdasarkan data daftar harga pangan pokok yang akan dijual di pasar murah adalah jenis beras TTIC Rp8.500 perkilogram, beras premium dari Bulog Rp10.500/kg, bawang putih Rp23.000/kg, daging sapi beku Rp90.000/kg, daging kerbau beku Rp80.000/kg, telur ayam Rp21.000/kg, Minyak Fortune Rp13.000/liter dan gula pasir PSM Rp12.500/kg.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumsel Ruzuan Effendi mengatakan, guna memberi kepastian kepada masyarakat bahwa stok pangan tersedia lebih murah dari harga pasaran, pihaknya telah menggelar pasar murah di Kampung Kapitan, kawasan pemukiman penduduk.

“Jadi mereka bisa mendapatkan harga lebih murah dari harga pasar. Bukan hanya beras, gula, minyak goreng, dan tepung terigu, kami juga menyediakan cabe, bawang merah, bawang putih, telur ayam dan daging sapi beku,” kata Ruzuan, Kamis (8/4/2021).

Selain di Kampung Kapitan, ke depan pihaknya akan menggelar pasar murah di Kecamatan Sako dan Bukit Kecil selama bulan Ramadan. “Lokasinya di Pasar Sako dan Pasar Bukit Kecil,” ujarnya.

Dia mengakui bahwa Sumsel bukan produsen cabai dan bawang, namun pihaknya tetap melakukan pemantauan stok di tingkat distributor. Untuk memastikan ketersediaan dan kuantitas komoditi tersebut. Bekerja sama dan berkoordinasi dengan Bulog dan instansi terkait lainya.

“Sebenarnya dari pantauan kita, dari kebutuhan-kebutuhan pangan kita, Sumsel ini aman. Ketersediaan kita surplus,” terangnya.

Editor: Deddy Pranata

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More