intens.news
Mitra Informasi

Berkat Program Unggulan, 155 Pelajar SMAN 17 Berhasil Masuk Unsri 28 Diantaranya Masuk FK

0 121

Intens.news, PALEMBANG – dengan diterpkan program unggulan, SMA Negeri 17 Palembang membuahkan hasil yang gemilang. Pasalnya,  tahun ini Sebanyak 155 alumni 2019 SMA Negeri 17 berhasil diterima di Universitas Sriwijaya (Unsri). Dari 155 orang tersebut, 28 orang masuk ke Fakultas Kedokteran (FK).

Prestasi yang dimiliki siswa sekolah ini patut diacungi jempol, bila diperhitungkan ada satu kelas alumni dari SMA Plus Negeri 17 Palembang pindah ke Kedokteran Unsri karena saking banyaknya yang lolos dalam 1 sekolah.

“Mereka ini satu angkatan ketemu lagi di FK Unsri,” ujar Kepala SMA Negeri 17 Palembang, Parmin melalui Wakil Kepala bidang Kurikulum Risyana, selasa (20/8/2019)

Dikatakannya, prestasi-prestasi ini tidak terlepas dari berbagai program unggulan yang diterapkan oleh SMA Negeri 17 Palembang. Diantaranya membuka Kelas Belajar Mengajar (KBM) Plus, yakni siswa boleh memilih untuk mengikuti mata pejaran apa yang difasilitasi diluar jam reguler. Seperti jam tambahan, dan guru  stanby di sekolah.

Selain itu, Sekolah ini juga memiliki program paket Try Out sebanyak 15 kali untuk kelas XII. Dilaksanakan setiap Januari-April pertahunnya. Selain diadakan sendiri pihaknya juga ada kerjasama dengan pihak lain, seperti dengan pihak Bimbingan Belajar (Bimbel). Dan Try Out diadakan sebanyak dua macam, diterapkan secara tertulis dan try out secara online.

“Pada Sabtu-Minggu disediakan kelas Program Bintang. Ini untuk memfasilitasi siswa yang ingin menjadi pilot atau yang terbaik di UNBK. Siswa yang masuk program ini ditargetkan harus mendapatkan nilai UNBK 100. Bagi siswa yang merasa kurang dalam mata pelajaran tertentu disediakan program Klinik Akademis, ada juga jam tambahan diluar KBM yang bisa diikuti siswa,” tambahnya.

Saat ini pihaknya juga sudah mengembangkan kelas via online. Melalui beberpa aplikasi diantaranya Aplikasi Schoologi. Siswa bisa membentuk kelas online, kelebihannya meski guru tidak bisa hadir bisa belajar di aplikasi tersebut. Sudah ada beberpa mata pelajaran yang bisa diikuti seperti Kima, Biologi, Matematika Fisika dan seterusnya.

SMA Plus Negeri 17 sudah memiliki sistem informasi terpadu, yakni Simaster17 merupakan aplikasi yang dapat diakses oleh siswa, guru, dan orangtua siswa.

“Jadi di dalamnya ada data prestasi, pelanggaran, keuangan. Termasuk orangtua siswa bisa mengakses absensi anaknya di aplikasi Simaster17 ini,” ujarnya.

Dia mengatakan, dari program yang diberikan tersebut, tahun ini para alumni banyak diterima di perguruan tinggi favorit hingga raih berbagai prestasi. Bahkan salah satu alumni baru yang saat ini diterima di Fakultas Kedokteran Unsri, juga mendapatkan prestasi lain yang tidak kalah membanggakan.

Selain Unsri lanjut Risyana, banyak juga alumni 2019 yang diterima di perguruan tinggi top lainya di Indonesia. Seperti di Jawa ada yang masuk Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM).

“Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitad Pajajaran (UNPAD), UNDIP, ITS, UNAIR Surabaya, Universitas Brawijaya, Universitas 11 Maret, dan UPI. Kalau di Sumatera, mulai dari Unila, Institut Teknologi Sumatera, USU, Unja, Universitas Riau, serta Universitas Andalas Padang,” ujarnya.

Tak hanya dalam Negeri, Alumni tahun ini juga ada yang diterima di Fakultas Kedokteran Universitas Uludak Turki sebanyak 2 orang.

“Begitupun beberapa alumni sudah diterima di berbagai sekolah tinggi kedinasan, seperti di Akademi Militer, Akademi Kepolisian, Sekolah Tinggi Inteligen Nasional, dan lainnya,” jelasnya.

Selain itu ada pula alumni yang mendapatkan beasiswa seperi 35 alumni menerima beasiswa di Universitas Telkom, ada yang menerima beasiswa Prastya Mulya dan ada pula yang diterima di Bali Intenasional Fligh Academy (BIFA).

Editor : Rian

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More