intens.news
Memberi Informasi Bukan Sekedar Berita
KIRI
KANAN

Besok Walikota Palembang Lounching Sekolah Filial Anjal

0 20

Intens.news, PALEMBANG – Sekolah Filial (Selfi) Anak Jalanan (Anjal) dan Anak Putus Sekolah yang digagas Dinas Pendidikan kota Palembang, rencananya besok Kamis (12/09/2019) akan segera dilaunching.

“Iya rencananya besok akan segera dilaunching langsung Bapak Walikota Palembang, H Harnojoyo,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang, H Ahmad Zulinto, SPd MM, Rabu (11/09/2019).

Menurut Zulinto, konsep pelaksanaan kegiatan sekolah filial yang akan dilaunching besok, bukan hanya pembelajaran formal, tapi juga sertifikat keterampilan vokasi.

“Sistem pendidikan selfi anjal akan mengedepankan sistem vokasi. Dengan diberikannya sistem vokasi, nantinya para siswa di sekolah Filial Anjal ini  apabila kelak mereka  lulus, diharapkan memiliki keterampilan sesuai dengan yang akan diikuti pada saat mereka sekolah nantinya,” bebernya.

Dikatakannya, dalam pendidikan vokasi penguasaan aspek keilmuan dan teori-teori tidak begitu utama, justru yang sangat penting adalah  siswa memiliki ketrampilan khusus dalam bidang program yang mereka ikuti.

“Pendidikan vokasi menekankan pembelajaran terstruktur dengan keahlian, dalam kurikulumnya mencakup muatan pembelajaran keilmuan, keterampilan dan praktik kerja lapangan,” katanya.

Menurutnya, bidang vokasi yang akan dijalankan di sekolah, pihaknya akan bekerjasama dengan BLK dan Dinas Tenaga Kerja.

“Selain itu kita juga sudah punya vokasi Komputer, menjahit dan lainnya yang sudah jalan di SKB. Dan ini kita tinggal menambah saja,”jelasnya.

Zulinto menjelaskan, bahwa saat ini sekolah filial sementara hanya dibagi tingkatan yakni jenjang SD, SMP dan SMA.

“Ternyata luar biasa yang mendaftar, jelang lounching sudah ratusan yang mau ikut sekolah filial. Artinya masih banyak yang membutuhkan pendidikan bagi anak putus sekolah dan anak jalanan,” urainya.

Dikatakannya, saat ini telah terdaftar sebanyak 100 untuk jenjang SMA, 70 untuk jenjang SMP dan 40 jenjang SD. “Tidak menutup kemungkinan akan terus bertambah banyak. Semoga dengan adanya Sekolah Filial untuk anak jalanan ini dapat mengentaskan kemiskinan untuk masyarakat kota Palembang,” pungkasnya.

Editor : Ridiansyah

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More