intens.news
Mitra Informasi

Corona Belum Berakhir, Sekolah Swasta Terancam Bubar

0 46

Intens.news, PALEMBANG – Pukulan efek pandemi Covid-19 terus menyentuh berbagai bidang termasuk dunia pendidikan. Terlebih lembaga pendidikan swasta yang berjuang secara swadaya dalam memenuhi operasional kesehariannya. 

Mayoritas lembaga pendidikan swasta mengandalkan pemasukan SPP sebagai penggerak roda operasional. Salah satunya Yayasan Islamiyah SMP PTI, SMA dan SMK Ethika Palembang.

Ketua Yayasan Islamiyah SMP PTI, SMA dan SMK Ethika Palembang. Azhari mengatakan, sekolah-sekolah dibawah naungan yayasan ini mengandalkan pembayaran SPP bulanan. Karena para siswa diliburkan untuk belajar di rumah sehingga mereka tidak ada yang membayar SPP bulanannya.

Menurut Azhari, saat ini akibat merebaknya virus corona berdampak pada seluruh kehidupan masyarakat termasuk lembaga pendidikan.

Sementara saat ini banyak orangtua juga terdampak pandemi hingga kesulitan membayar SPP, karena mereka belajar daring di rumah, maka pembayaran gaji guru jadi terhambat.

Azhari mengungkapkan, kondisi ditambah adanya tuntutan orang tua murid agar mendapatkan pemotongan biaya SPP, karena tidak adanya kegiatan pembelajaran di sekolah.

“Hal ini berimplikasi pada biaya operasional sekolah untuk gaji dan pemeliharaan sekolah. Jika hal ini terus berlanjut, akan sangat mempengaruhi daya tahan sekolah untuk membayar gaji guru dan karyawan sekolah serta bisa berakibat kepada pemutusan hubungan kerja. Jangka panjangnya tentu akan mengganggu proses pendidikan di sekolah,” ujar Azhari

Lebih lanjut Azhari meminta pemerintah memperhatikan juga lembaga pendidikan swasta, karena merupakan penyangga utama pendidikan di Tanah Air.

Editor : Rian

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More