intens.news
Mitra Informasi
intens hari raya

Dadar Jiwo, Menu Berbuka Puasa Khas Wong Palembang

0 18

Intens.news, PALEMBANG – Dadar jiwo mungkin sudah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Namun di Palembang, dadar jiwo dihadirkan dalam bentuk yang gurih dan lezat.

Hal itu karena isi dadar jiwo bukan parutan kelapa dan gula merah, melainkan dadar jiwo khas Palembang terbuat dari adonan tepung tapioka dan tepung terigu. Makanan khas Bumi Sriwijaya ini kian mantap tersaji dengan taburan bawang goreng, irisan cabai merah dan parutan pepaya yang telah ditumis menyelimuti isian gulungan adonan.

Di Palembang, dadar jiwo menjadi lebih mudah ditemui saat Ramadhan. Berbentuk seperti telur dadar yang digulung, dadar jiwo hampir mirip dengan santapan khas Palembang lain, kue dadar gulung. Hanya saja, adonan dadar jiwo bewarna kuning, sedangkan dadar guling warnanya hijau.

Selain itu, bila isian dadar gulung adalah gula merah dan parutan kelapa. Isi dadar jiwo adalah tumisan pepaya muda yang diparut dan telah dicampur rata bersama kaldu jamur, penyedap rasa dan garam.

“Ada juga yang seleranya ditambah rempah-rempah lain. Tapi kalau yang legendaris, ciri khas kulit dadar jiwa dari tepung tapioka dan terigu,” kata Chef Panhead Cafe Bar di Palembang, Muhamad Serli.

Selain karena memiliki cita rasa yang istimewa, dadar jiwo merupakan makanan khas Palembang selain pempek dengan ikon spesial. Yakni sajiannya yang estetik dengan tampilan dwiwarna.

“Kita ingin mengangkat makanan khas palembang yang sudah mulai langka ini kembali dikenal oleh masyarakat Sumsel. Nah pada bulan puasa ini dadar jiwo tepat dijadikan sebagai takjil untuk berbuka,” ujarnya.

Dadar jiwo biasanya hadir di sejumlah pasar bedug dan beberapa restoran khas Palembang. Rata-rata harga dadar jiwo mulai dijual Rp6 ribu per satuan, tergantung ukuran dan bentuk yang dijual pedagang.

“Kalau kita baru jual dadar jiwo, memang khusus untuk menu Ramadan,” timpal dia.

Editor: Deddy Pranata

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More