intens.news
Memberi Informasi Bukan Sekedar Berita
KIRI
KANAN

Dampak Kemarau, Pasokan Cabai dan Tomat di Palembang Turun 40 Persen

0 8

Intens.news,PALEMBANG – Dampak dari musim kemarau berkepanjangan, banyak petani yang gagal panen. Sehingga mengakibatkan pasokan cabai dan tomat kepada para pedagang di Kota Palembang menurun 40 persen.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Palembang, Hardayani mengatakan, Penurunan pasokan dua jenis komoditi itu mencapai 40 persen dari pasokan disaat normal sehingga tidak mencukupi kebutuhan masyarakat.

“Untuk sayur-sayuran masih bisa diantisipasi, karena pasokannya tidak mengalami penurunan,” jelasnya. Rabu (11/9/2019)

Harda mengimbau, kepada pedagang agar jangan sampai menjual cabai dan tomat dengan harga terlalu tinggi.

“Saya memaklumi adanya kenaikan harga karena memang pasokan menurun, tetapi jangan menjual terlalu tinggi. Saat ini harga di distributor untuk cabai pada kisaran Rp 60 ribu – Rp 70 ribu per kilogram, tetapi sesampai di pasar menjadi Rp 100 ribu per kilogram,” ungkapnya.

Menurutnya, karena cabai dan tomat tidak terlalu banyak sedangkan permintaan tetap dan cenderung naik maka berlaku hukum ekonomi, supply and demand. Barang sedikit, permintaan banyak maka harga akan naik.

Editor : Rian

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More