intens.news
Mitra Informasi

Dampak Pandemi COVID-19, 51 Event Pariwisata Batal Terlaksana

0 24

Intens.news, PALEMBANG – Sektor pariwisata sangat merasakan dampak dari pandemi COVID-19 yang sudah melanda sejak Maret 2020. Bahkan, dari 101 event yang dijadwalkan berdasarkan kalender pariwisata, hanya ada 50 event yang terselenggara di Palembang.

Kepala Dinas Pariwisata Palembang, Isnaini Madani mengatakan, kalender event pariwisata Palembang tahun 2020 yang sudah tersusun tidak dapat terselenggara seluruhnya. Sebab pada bulan April hingga Juli event tidak dapat digelar.

“Dari bulan Januari hingga Maret ada 27 event yang sudah terlaksana. Karena pandemi COVID-19 mulai April kita stop agenda pariwisata. Di bulan Agustus baru mulai bergeliat lagi. Jadi diperkirakan sampai tutup tahun ada 50 event terselenggara,” ungkap Isnaini, Selasa (24/11/2020).

Isnaini bilang, akibat batalnya event tersebut, mempengaruhi tingkat kunjungan wisatawan ke Palembang serta berdampak juga pada sektor ekonomi. Bahkan, okupansi hotel berkurang drastis dan pada kuartal keempat tahun ini mulai berangsur mencapai 50 persen.

Dijelaskannya, pada tahun ini awalnya ia menargetkan 2,2 juta wisatawan nusantara dan 12.500 wisatawan asing datang ke kota pempek. Wisatawan domestik mayoritas berasal dari DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Lampung, yang menggunakan transportasi darat.

“Event tidak ada, ya otomatis okupansi hotel menurun drastis. Artinya sangat berpengaruh. Target kunjungan wisatawan juga tidak akan sampai,” ungkapnya.

Namun, belum lama ini pihaknya menggelar event tahunan yang sempat tertunda akibat pandemi COVID-19. Seperti, menggelar lomba bidar mini di Sungai Keramasan pada 15 November lalu.

“Kemudian menyusul nanti lomba baca puisi di bulan Desember di Bukit Siguntang, dan sejumlah event lainnya yang kami selenggarakan bersama pihak ketiga,” terangnya.

Editor: Sadam

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More