intens.news
Memberi Informasi Bukan Sekedar Berita
KIRI
KANAN

Danlanud SMH: Bela Negara Wujudkan Generasi Muda yang Nasionalisme

0 35

Intens.news, PALEMBANG – Komandan Lanud Sri Mulyono Herlambang (SMH), Kolonel Pnb. Heri Sutrisno, menerima Tim Pembinaan Potensi Dirgantara (Binpotdirga) Letkol Pom Vickry dan Mayor Pom Kukuh Danang R, dalam rangka sosialisasi kesadaran bela negara kepada siswa-siswi SMA sederajat di Palembang, Selasa (13/8/2019).

Pada kesempatan ini, Komandan Lanud SMH, Kolonel Pnb. Heri Sutrisno, turut menyampaikan dasar hukum bela negara di Indonesia sudah sangat jelas ada di dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

Dalam Pasal 30 ayat 1 menyebutkan setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pertahanan dan keamanan Negara.

Sementara di ayat 2 menerangkan bahwa usaha pertahanan dan keamanan negara dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta oleh TNI dan Polri sebagai kekuatan utama dan rakyat sebagai kekuatan pendukung.

Dengan demikian, pendidikan bela negara harus diajarkan sejak dini, mulai dari pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi.

“Supaya terpatri nilai-nilai persatuan, kesatuan, cinta tanah air dan wawasan kebangsaan dapat terus terjaga dengan baik, kuat dan kokoh. Sehingga terwujud generasi penerus bangsa yang mempunyai rasa nasionalisme dan patriotisme yang tinggi terhadap NKRI,” terangnya.

Senada dikatakan Letkol Pom Vickry. Menurutnya kegiatan ini merupakan bentuk penyiapan komponen pendukung dalam menumbuhkan kembali kesadaran bela negara yang dilandasi rasa cinta tanah air dan bangsa.

Sehingga tumbuh jiwa nasionalisme dan dapat berperan positif dalam membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selanjutnya, pembinaan terhadap para generasi muda bangsa selaku komponen pendukung pertahanan untuk ikut aktif dalam usaha bela Negara.

Editor: Sadam

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More