intens.news
Mitra Informasi

Debat Publik Pali, Pengamat : Kualitas Paslon Satu Jauh Dibanding Paslon Dua

0 140

Intens.news, PALEMBANG – Pengamat Politik Sumsel, Bagindo Togar Butar-Butar menilai kualitas pasangan calon (Paslon) nomor urut satu jauh dibanding Paslon nomor dua saat debat publik.

“Jadi sangat saya sayangkan ketika mereka  tidak punya kemampuan debat yang spesifik dalam koridor debat terbuka menjelang dalam bingkai pilkada. Ini sama sekali dia jauh dengan kualitas nomor dua,” ungkapnya, Selasa (20/10/2020).

Bagindo berharap, agar kedepan kedua paslon sebaiknya mempergunakan para ahli komunikasi yang profesional seperti publik speaking yang paham dengan gestur dan tik tok debat.

“Ini memang mereka secara profesional harus mempergunakan ahli komunikasi untuk debat kedua. Kalau kesiapan materi debat mereka sudah terbiasa, karena mereka politisi, tinggal dalam bentuk angka-angka itu dituangkan dan dipersiapkan. Mana data-data yang dipublis dan disampaikan dalam debat itu disampaiakan dalam sisi yang berbeda,” harap dia.

Ketua Forum Demokrasi Sriwijaya (Fordes) ini menjelaskan, bahwa semua Paslon mempunyai latar belakang seorang politisi, kecuali Calon Bupati Petahana Heri Amalindo adalah birokrat profesional.

“Kalau diomongi Devi dan Darmadi itu latar belakangnya mantan anggota dewan, kalau berbicara mengkritisi itu sudah hal yang biasa, khususnya untuk kebaikan pembangunan Pemerintahan di daerah masing-masing dalam hal ini Kabuoaten Pali,” jelas dia.

“Kalau untuk Paslon nomor dua sudah berpengalaman, sudah terbiasa dan yang dia tonjolkan adalah kinerja dia sebagai bupati Petahana dan kinerja menjadikannya alat kampanye, walaupun tidak sempurna,” tambahnya.

Namun, dirinya melihat ada yang luar buasa dalam debat paslon itu, yakni Cawabub Sumarjono adalah politisi tua yang dianggap menjadi racing star atau super star.

“Dalam debat pertama di Pilkada Pali ini pak sumarjono cenderung piawai, karena dia lugas dalam menyampaikan dan meminite waktu materi debat,” terangnya.

Editor : Ridiansyah

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More