intens.news
Mitra Informasi

Demi Teman Anak, Pemilik RSIA Pinjamkan Ambulans

0 52

Intens.news, PALEMBANG – Pemilik Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Hamami Palembang, Mustofa Husin Syahab, akhirnya buka suara terkait mobil ambulans yang sempat diamankan ke Polrestabes Palembang karena mengantar pengantin.  

Menurutnya, informasi tersebut baru diketahuinya setelah mendengar dan membaca berita di media masa dan online. “Mobil ambulans ini emang milik kami yang dipinjamkan ke pihak pengantin,” ungkap Mustofa, Jumat (23/10/2020).

Menurutnya, jika ambulans di Rs tersebut dipinjam oleh pengantin yang kebetulan teman dari anaknya. Saat itu pengantin beralasan meminjam karena mengaku tidak memiliki kendaraan lain.

“Memang ambulans itu dipergunakan juga untuk kegiatan sosial,” katanya.

Sementara penggunaan hazmat, kata Mustofa, bertujuan agar aman di masa pandemi ini untuk melakukan acara yang mengumpulkan orang banyak.

“Ambulans itu tidak disewakan, itu statusnya pinjam atau digunakan untuk kegiatan sosial siapa saja. Jika masyarakat butuh mobil, maka silakan pakai. Hazmat itu saya yang sarankan, agar aman,” katanya.

Mustofa tak menapik, penggunaan sirine yang dihidupkan dan seolah ingin terbebas dari kemacetan lalu lintas. “Harusnya sirine tidak dihidupkan jika hanya untuk kegiatan di luar klinik. Saya memang memberikan izin pakai, namun untuk kegiatan sosial dan melarang sirinenya dihidupkan,” terangnya.

Dirinya pun mengaku sudah memberikan penjelasan kepada pihak kepolisian perihal hal tersebut. Pada intinya, status ambulans tersebut dipinjam sama seperti halnya dipinjamkan pada kegiatan-kegiatan sosial.

“Kami ini hanya klinik bersalin, klinik ibu dan anak, sehingga penggunaannya tidak sesering di rumah sakit, puskesmas, atau klinik pada umumnya,” tuturnya.

Sebelumnya diketahui, beredar video mobil ambulans yang digunakan mengangkut seserahan pernikahan di Palembang menjadi viral,  ahmad Hanif (31) sopir mobil tersebut juga buka suara.

“Kami memohon maaf atas video tersebut yang mana mas kawin pengantin saat itu kami bawa menggunakan ambulans. Itu semua kami lakukan semata-mata karena keterbatasan transportasi saat itu,” ujarnya saat di Polrestabes Palembang beberapa waktu lalu.

Sementara Kasat Lantas Kompol Yakin Rusdi mengatakan, anggotanya telah meminta keterangan terhadap pemilik acara dan pemilik kendraan.

“Kita memberikan sanksi tilang kepada pemilik kendaraan tersebut. Kita akan lakukan pemeriksaan terhadap surat-surat dan kelengkapan mobilnya. Jadi sanksi yang kita berikan hanya tilang, karena kalau kita tahan kasihan masih banyak masyarakat yang membutuhkan ambulns sewaktu-waktu ada yang membutuhkan,” ujar Yakin.

Editor : Rian

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More