intens.news
Mitra Informasi

Dengan Keterbatasan Fisik, Penyandang Disabil Hasilkan Produk Sendiri

0 25

Intens.news, PALEMBANG – Dibawah binaan Komunitas Kreatif Disabil (KKD), para penyandang tuna rungu yang mempunyai keterbatasan fisik tidak menyerah untuk menghasilkan sebuah produk dengan membuat produk yang mampu menghasilkan ekonomi, yakni tas.

Bahkan, sebelum tergabung di asosiasi KKD tersebut, mereka telah mempunyai industri kecil di rumahnya. Bahkan secara individual mereka memasarkan produknya melalui dukungan sekitar.

Menurut, Ketua Komunitas Kreatif Disabilitas Sumsel, Lega Raharja mengatakan, sebenarnya mereka (pelaku UKM disasbil) sudah punya industri kecil tapi tidak tercover. Ada yang buat masker, konektor, dan tas.

“Karena kami (KKD) ini memang merupakan gerakan amal dan gerakan kemanusiaan tapi untuk bidang usaha ekonomi,” kata Lega disela pembuatan produk tas di Rumah Kriya, Kamis (26/11).

Dikatakannya, karena ia pembina disabilitas, maka anak-anak disabilitas ia kumpulkan dengan mendatangi rumah mereka masing-masing untuk mendirikan KKD tersebut.

“Iya kalau mereka masuk di formasi pegawai, ya pasti kalah dengan yang umum. Makanya mau tidak mau secara alami mereka harus mencari duit dengan cara mandiri dan kreatifitas mereka sendiri,” terang dia.

Lanjut Lega, KKD ini anggotanya tidak hanya tuna rungu saja melainkan ada penyandang status lainnya. Namun, untuk kendala tuna rungu hanya komunikasi yang menjadi hambatan. Makanya teknik pemasarannya menggunakan teknik sendiri, yakni dengan tertulis, tidur dan nanti pihaknya membantu komunikasi.

“Mereka buat dan di jual sendiri, sebelum ada KKD ini mereka berjalan (penjualan) sendiri-sendiri. Makanya kami tampung, dan kebetulan ini saya sampaikan ke Dinas Koperasi dan UMKM di sambut baik oleh para pejabat,” jelasnya.

“Alhamdulillah kita dapat bantuan mesin jahit melalui Dinas Koperasi oleh Gubernur,” tambahnya.

Editor : Rian

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More