intens.news
Mitra Informasi

Deru Minta Pj Bupati Pali Jaga PSU Berjalan Baik

0 6

Intens.news, PALEMBANG – Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru secara resmi melantik Rosidin Hasan sebagai Pj Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) di Griya Agung Palembang, Rabu (24/3/2021). 

Pelantikan ini merupakan kali kedua yang sebelumnya Rosyidin dilantik sebagai Pjs Bupati Pali saat pelaksanaan Pilkada 2020 lalu, dan pelantikan yang kedua ini merupakan amanat dari undang-undang.

“Kita usulkan Rosidin PJ Bupati Pali, karena SK nya sudah keluar tanggal 23 Maret 2021 kemarin. Masa jabatan Pj ini berlaku 1 tahun atau setelah Bupati Pali terpilih dilantik, karena amanat undang-undang,” ujar Deru.

Orang nomor satu di Bumi Sriwijaya ini menambahkan, alasan dirinya melantik Pj Bupati Pali lantaran pelayanan masyarakat dan roda pemerintahan yang harus berjalan.

Namun, untuk kebijakan yang berkenaan dengan struktur organisasi pemerintahan harus persetujuan Kemendagri melalui Gubernur.

Selain itu, dirinya berharap agar Pj Bupati Pali yang baru di lantik dapat mengantarkan proses demokrasi di Pali bisa terselenggara dengan baik.

“Penuh pemberian hak-hak demokrasi kepada rakyat untuk memilihmu ulang, artinya tolak ukurnya ada pada tingkat partisipasinya,” harap Deru.

Sedangkan untuk KPU Kabupaten dan Bawaslu di bawah naungan KPU Provinsi dapat melaksanakan tugasnya sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

“Hasil pencoblosan harus transparan, dan kepada timses untuk berjuang dengan penuh kesopanan. Jaga marwah daerah yang punya kearifan lokal yang tinggi,” katanya.

Deru juga meminta kepada dua Paslon yang akan melakukan pemilihan suara ulang (PSU) di empat daerah di Kabupaten Pali nanti harus bersikap legowo. Karena siapapun yang suaranya unggul berarti dirinyalah yang di percaya atau di pilih oleh masyarakat untuk menjadi pemimpin di Pali nanti.

“Dari selisih di empat TPS maka sangat bernilai satu demi satu suara yang bisa menentukan siapa yang bakal menang dan berkesempatan, dan kepada Heri Amalindo dan Devi, siapapun kalian yang terpilih, kalian adalah warga Sumsel yang bertanggung jawab. Morilnya harus di junjung tinggi, karena Sumsel yang bertitel zero konflik,” terang Deru.

Pj Bupati Pali, Rosidin Hasan mengatakan, akan lebih serius menyikapi masalah suksesi PSU di empat TPS yang ditentukan oleh MK yang menjadi persiapan Pilkada di Pali.

Dirinya juga akan bersama-sama mengajak pihak terkait agar pelaksanaan PSU di Pali dapat terlaksana dengan sukses tanpa gejolak. Artinya tanpa ada persoalan yang krusial yang tidak memunculkan konflik di antara kedua Paslon.

“Besok pagi kita akan rapat bersama dengan forkompinda untuk suksesi PSU. Sukses penyelenggaraan nya tidak ada persoalan yang muncul di situ. Kemudian sukses pelaksanaannya dalam hal ini peserta pemilu atau pemilihan untuk bisa melakukan dengan sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Editor : Ridiansyah

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More