intens.news
Mitra Informasi

Di Empat Lawang Baru Sembilan UKM yang Daftar Sertifikat Halal

0 19

Intens.news, EMPAT LAWANG – Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) khususnya yang memiliki pruduk makanan dihimbau agar segera mengurus sertifikat halal.

Hal tersebut di ungkapkan Kasi Penyelenggara Zakat Wakap sekaligus Satgas Layanan Halal Kemenag Empat Lawang, Moch Sirojudin.

“Iya benar sejak masa transisi, sertifikat halal sekarang ini tidak lagi dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) melainkan sekarang sudah di keluarkan oleh Badan Penyelenggara¬† Jaminan Pruduk Halal (BPJPH) berdasarkan undang-undang 33 tahun 2014 tentang jaminan produk halal yang mulai berlaku sejak tanggal 17 oktober 2019 lalu,” kata Sirojudin, Sabtu (21/11/2020).

Dikatakan Sirojudin, sejauh ini baru ada sembilan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang mendaftarkan produknya untuk dibuatkan sertifikat halal.

“Masih sangat sedikit pelaku usaha yang mengumpulkan berkas untuk pembuatan sertifikat halal, padahal sertifikat ini sangat penting dan berguna baik bagi pelaku ataupun konsumen yang menjadi pemakai atau mengonsumsi produk yang di jual, seperti para penjual bakso, mie ayam, dan soto, itu harus ada sertifikat halal,” terangnya.

Memang diakui Sirojudin, kalau saat ini pihaknya belum bisa untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat langsung karena suasana pandemi Virus Corona atau COVID -19 yang tak kunjung mereda di Indonesia termasuk Empat Lawang saat ini.

“Harapannya agar pandemi ini bisa segera berakhir agar para pelaku usaha yang ada di Empat Lawang bisa mendaftar sertifikat halal guna menjamin kehalalan pruduk makanan yang beredar di masyarakat,” harapnya.

Sementara, Tati salah seorang pelaku usaha mengaku, kalau saat ini produk dagangannya memang belum ada sertifikat halal, namun ia mengaku akan membuatkannya agar para konsumen benar-benar yakin dengan pruduk yang ia hasilkan.

“Tentu saja akan segera kita buat sertifikatnya untuk kebaikan kita bersama,” pungkasnya.

Editor : Ridiansyah

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More