intens.news
Mitra Informasi

Di Empat Lawang Harga Gula Pasir Berangsur Naik

0 23

Intens.news, EMPAT LAWANG – Harga gula pasir di pasaran kembali mengalami kenaikan dalam sepekan terakhir dari harga semula yang berkisaran pada Rp 11.500 perkilogram kini menembus angka Rp 12.500. Hal ini diperkirakan berkurangnya pendistribusian gula pasir dari produsen, sehingga gula mulai mengalami kelangkaan.

Pantauan di pasar Tebing Tinggi, Kamis (8/10/2020), harga gula yang ditawarkan oleh para pedagang berkisaran Rp 12.500 rupiah. Sebelumnya harga salah satu dari sembilan bahan pokok ini berkisaran Rp 11.000, sehingga kenaikan harga diperhitungkan mencapai Rp 1.500 perkilogramnya.

Sementara stok yang dimiliki para pedagang cukup menipis, hal ini disebabkan karena kurangnya pendistribusian dari produser. Berkurangnya stok ini terjadi sejak sepekan terakhir, sehingga harga gula di sejumlah pedagang di kawasan pasar Tebing Tinggi mengalami kenaikan. Harga yang ditawarkan di tingkat grosir rata-rata dijual seharga Rp 12.500 perkilogram dari sebelumnya Rp 11.000 perkilogramnya.

Menurut Rasyid (40) salah seorang pedagang, kenaikan harga terjadi karena pasokan dari pabrik untuk dijualkan di tingkat pedagang grosir menurun.

“Pasokan gula pasir untuk wilayah Tebing Tinggi berkurang dari pabrik ataupun dari agen yang mendistribusikan ke pedagang di tingkat pengecer,” ungkapnya.

Dikatakanya, kenaikan harga gula pasir sudah terjadi di tingkat pabrik. Berpluaktifnya harga gula pasir selama dua pekan terakhir membuat dia tidak berani menyimpan stok banyak guna menghindari kerugian.

“Kenaikan harga gula pasir ini menyebabkan kebanyakan pembeli mengurangi jumlah gula pasir yang dibeli. Mereka berharap pemerintah segera mengambil langkah guna menstabilkan harga gula pasir seperti semula,” terangnya..

Sementara itu, Saman (45), salah seorang pembeli menuturkan, naiknya harga gula pasir ini membuat dirinya merasa rugi. Sebab, untuk menjalankan roda bisnisnya sebagai pengusaha gorengan agak terkendala dengan naiknya harga gula pasir. “Saya berharap naiknya gula pasir ini tidak berlarut larut dan lama,” harapnya.

Terpisah, Kadisperindag Empat Lawang, Almutolib, mengatakan, mengenai hal itu pihaknya dalam waktu dekat akan menerjunkan tim ke pasar guna memastikan kenapa harga gula itu naik.

“Untuk saat ini kita pastikan akan terjun ke pasar untuk mengecek harga gula itu, akan kita cari penyebabnya, apakah ada yang menimbun atau memang stok pengiriman berkurang,” tandasnya.

Editor : Ridiansyah

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More