intens.news
Mitra Informasi

Dibalik Keindahan Kawasan Jakabaring

0 34

Kota Palembang salah satu kota yang tertua di indoneisa. Bahkan kota ini pun pertama kali memiliki jalur kereta api di tengah kota atau yang sering disebut Light Rail Transit (LRT).

Jalur LRT dibentangkan mulai dari Bandara SMB II yang melewati jantung Kota Palembang hingga sampai ke kawasan Jakabaring.

Berbicara tentang kota Palembang tidak lupa juga dengan Pempek, Monpera dan Jembatan Ampera yang terbentang tentunya menjadi keindahan tersendiri bagi kota Palembang.

Selain itu, Palembang pun memiliki Jakabaring Sport City (JSC). Yangmana JSC ini memiliki banyak venue dengan berbagai macam cabang olahraga. Sehingga banyak event olahraga bergengsi yang digelar disini.

Kawasan JSC disaat weekend tentunya ramai dikunjungi masyarakat baik dari dalam kota maupun luar kota dengan tujuan bersantai bersama keluarga, joging bahkan ada juga anak muda yang nongkrong dikawasan ini.

Sebelum masuk ke dalam kawasan JSC, pengunjung disuguhi dengan bundaran yang terdapat tugu Parameswara yang telah dibangun sebelum berlangsungnya PON 2004 lalu.

Foto: Ilustrasi Istimewa

Namun siapa sangka, dibalik keindahan kota Palembang khususnya di kawasan Jakabaring tentunya para pengunjung wajib berhati-hati. Karena justru tempat inilah yang menjadi sasaran empuk bagi pelaku kejahatan.

Berdasarkan data yang didapat wartawan media Intens.news yang melapor ke Mapolrestabes Palembang setidaknya dalam satu bulan November 2020 terjadi tujuh kali aksi kejahatan. Baik pencurian dengan pembaratan maupun jambret.

Di kawasan Jakabaring ini memang saat weekend terlihat ramai, namun jika hari biasa terlihat sepi dan sedikit pengunjung. Bisa jadi kondisi yang terbilang sepi inilah dijadikan para pelaku kejahatan mencari mangsa.

Tak segan, para pelaku jambret di kawasan ini menarik dan para korban hingga terjatuh ke aspal. Rata-rata, yang menjadi korban jambret dikawasan ini mayoritas perempuan. Namun, jika malam hari pelaku begal pun tak segan melukai sekalipun korbannya pria karena para pelaku membawa senjata tajam.

Tidak sedikit pelaku jambret yang telah ditangkap, bahkan terbaru Jatanras Polda Sumsel menangkap dua pelaku Jambret sadis yang kerap beraksi di kawasan ini. Bahkan polisi pun memberikan tindakan terukur kepada pelaku karena dianggap ingin kabur saat akan ditangkap.

Artinya, perlu kehati-hatian untuk menikmati suasana kawasan Jakabaring Palembang.

Sementara untuk terciptanya keamanan dan kenyamanan banyak hal yang harus dipertahankan dan diperbuat. Terutama memperbanyak lapangan pekerjaan sehingga bakat para pelaku kejahatan bisa saja terserap sehingga tidak lagi melakukan aksi kejahatan. Selain itu, pengawasan yang intensif butuh dipertahankan untuk menjaga keamanan di kawasan Jakabaring ini. (**)

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More