intens.news
Mitra Informasi

Didominasi Pendonor Keluarga, Stock Darah di RSUD Besemah Belum Mencukupi Kebutuhan

0 21

Intens.news, PAGARALAM – Kebutuhan kantung darah bagi pasien di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)  Besemah Kota Pagar Alam masih mengandalkan donor keluarga, yang artinya penyumbang darah pada umumnya adalah kerabat pasien. Sementara untuk stok darah sendiri terkadang belum mencukupi bahkan kosong di bank darah.

“Kendati demikian, untuk memenuhi kebutuhan kantung darah pada umumnya dari kerabat pasien yang dirawat,” kata Kasi Instalasi RSUD Besemah Kota Pagar Alam dr Nanik Swaji, Rabu (16/6/2021).

Diakuinya, stok di bank darah belum sepenuhnya mampu mencover kebutuhan kantung darah. Dia menyebutkan, di Mei lalu sekitar 134 pendonor menyumbangkan darahnya sementara di pertengahan Juni sudah mencapai 83 pendonor.

“Jumlah pendonor ini adalah donor keluarga. Jika bandingkan pendonor sukarela terekam tiap bulan rata-rata sekitar 40 hingga 50 pendonor saja,” ujarnya.

Ia menyebutkan, umum kantung darahnya dibutuhkan pasien dari sal kebidanan, penyakit dalam, bedah dan anak, dirinya tak menampik, jika pihak UDRS sedikit kerepotan jika dibutuhkan adalah kantung darah golongan AB yang pendonornya terbilang sedikit.

“Terbilang sedikit untuk pendonor golongan darah AB karena jumlah sekitar 10 persen pendonor sukarela yang jumlahnya hanya sekitar seratusan pendonor. Mereka, siap dihubungi jika sewaktu waktu dibutuhkan darahnya,” ulasnya.

Lanjutnya, pihak RSUD sangat merespon jika pihaknya dilibatkan dalam aksi baksos donor darah dari sejumlah pihak terkait pada moment-moment tertentu. Dengan demikian, bisa untuk memenuhi kebutuhan pasien rumah sakit yang membutuhkan darah.

“Bagi masyarakat yang ingin berniat melakukan donor dipersilahkan. Yang jelas, sebelum darah disumbangkan bagi yang membutuhkan tentunya terlebih dahulu dilakukan screaning tes layak atau tidak darahnya diberikan kepada pasien,” pungkasnya

Editor : Ridiansyah

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More