intens.news
Mitra Informasi

Diduga Banyak Mangkrak, Pengamat dan Wakil Ketua DPRD Minta Trans Musi Diaudit

0 33

Intens.news, PALEMBANG – Wakil ketua DPRD Palembang, H M Ali Sya’kban turut prihatin mendengar kondisi Bus Ravid Trans Musi banyak mangkrak mengingat besaran anggaran yang dikeluarkan PT SP2J sebesar Rp4,8 M dalam melakukan perawatan Bus pelayanan publik tersebut.

“Dalam perbaikan harusnya lebih efektif efisien dalam pengguna anggaran,” ungkap H Ali, Politisi PDI Perjuangan kota Palembang ini, Sabtu (27/06/2020).

Dikatakannya, perawatan yang dilakukan hendaknya dilakukan serius dan terukur sehingga tidak terjadi kerusakan berat terhadap mobil-mobil Bis BRT Transmusi tersebut agar pelayanan kepada masyarakat dalam sektor transportasi dapat maksimal.

“Perawatan (bus) yang dilakukan harus punya target dan ada schadule dalam merencanakan perbaikan, misalnya ada grafik sehingga fokus pada unit yang akan diperbaiki, jangan mengambil sparepart pada mobil yang ada, akibatnya satu mobil jadi korban,” jelas Ali.

Mendengar kondisi tersebut, Ali meminta pihak Pemkot Palembang dalam hal ini Inspektorat Kota agar melakukan pengawasan dan pemeriksaan. Menurutnya meskipun Transmusi di bawah naungan perusahaan daerah, perusahaan tersebut juga mendapat penyertaan modal dari Pemkot Palembang.

“Kami harap ada pemeriksaan juga dari pihak inspektorat karena ada penyertaan modal artinya SP2J juga memakai APBD,” tutur Ali Sya’ban.

Terpisah, Pengamat Kebijakan Publik dan Politik Sumsel Bagindo Togar mengungkapkan, pertama yang harus dilakukan pemerintah untuk kebaikan PT SP2J pertama semua BUMD tidak lagi dikelola oleh pendukung atau timses.

“Jika memang mau menempatkan timses atau pendukung boleh. Asal ada catatan orang tersebut memiliki fortopolia dibidang yamg dibutuhkan fortopolia harus jelas, memiliki latar belakang pengalaman dibidang angkutan,”katanya

Ia menegaskan, perusahaan milik daerah seperti ini sepantasnya untuk dilakukan audit, DPRD memangil mitra kerjanya untuk meminta kejelasan dalam penggunaan dana APBD.

“Jadi DPRD Palembang memangil dan meminta kejelasan dan pertangung jawaban keuangan,” tegasnya.

Editor : Rian

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More