intens.news
Mitra Informasi

Dimasa Pandemi, MTs N 1 Gunakan Kurikulum Darurat yang Tidak Bebani Siswa

0 3

Intens.news, PALEMBANG – Meski sekarang wabah pandemi Corona belum juga berakhir, namun proses kegiatan belajar mengajar (KBM) di MTs N 1 Palembang tetap berjalan seperti biasa. Sesuai anjuran pemerintah KBM di madrasah ini masih dilaksanakan secara jaringan (daring) atau pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Plt kepala MTs N 1 Kota Palembang Hasnarita melalui Wakil kepala Sekolah Bidang Kurikulum Hilayati mengatakan, mengenai kurikum yang digunakan yaitu Kurikulum darurat dimana guru dan siswa – siswa diberikan username dan password masing – masing.

“PJJ daring ini pihak sekolah menggunakan aplikasi er-learning madrasah dari Kementerian Agama Republik Indonesia(Kemenag RI) namun dari pihak sekolah sendiri yang mengelolah untuk mendapatkan Username dan Password,”katanya ,Selasa(14/9/2020)

Lanjutnya, bagi siswa yang tidak mempunyai handphone android silakan orang tuanya datang kesekolahan untuk mengambil tugasnya dan bagi siswa keterbatasan kuota boleh datang kesekolah dengan catatan harus mematuhi protokol kesehatan covid-19 untuk terlaksananya KBM.

“KBM kurikulum yang dapat diambil dalam kondisi darurat atau kondisi khusus di tengah pandemi global Covid-19 saat ini.Kurikulum pada satuan pendidikan dalam kondisi khusus memberikan fleksibilitas bagi sekolah untuk memilih kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran siswa,” ungkapnya.

Ditambahkannya, PJJ daring dirumah mengacu pada kurikulum nasional menggunakan kurikulum darurat atau melakukan penyederhanaan kurikulum secara mandiri.

“Siswa tidak dibebani ketuntasan kurikulum darurat (dalam kondisi khusus) yang disiapkan penyederhanaan dari kurikulum nasional,”tegasnya.

Dan Pada kurikulum tersebut kata Hilayati, dilakukan pengurangan kompetensi dasar untuk setiap mata pelajaran sehingga guru dan siswa dapat berfokus pada kompetensi esensial dan kompetensi prasyarat untuk kelanjutan pembelajaran di tingkat selanjutnya.

Editor : Rian

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More