intens.news
Mitra Informasi

Disdik Kota Palembang Kembali Umumkan Perpanjangan Libur

0 48.901

Intens.news, PALEMBANG – Tanggal 29 Mei 2020 berakhirnya masa berlaku surat edaran belajar di rumah dalam jaringan (Daring) untuk tingkat Tk, SD dan SMP. Namun saat ini keadaan covid-19 di Kota Palembang masih tinggi sehingga Dinas Pendidikan (Disdik)Kota Palembang mengambil kebijakan kembali meliburkan siswa baik sekolah Negeri maupun Swasta mulai tanggal 30 Mei sampai dengan tanggal 13 Juli 2020 tahun ajaran baru belajar di rumah kembali.

Kadisdik Kota Palembang H. Ahmad Zulinto mengatakan, sebetulnya disitu ada beberapa kegiatan siswa melaksanakan ujian semester, pembagian raport, pengumuman kelulusan dan ada libur akhir semester, tapi Disdik Kota Palembang mengakumulasikan tanggal 30 Mei sampai dengan 13 Juli tahun ajaran baru siswa mulai masuk sekolah kembali.

Menurut Zulinto, ada beberapa pertimbangan yang menjadi dasar pihaknya untuk mengambil kebijakan tersebut. yakni mengingat dirinya sebagai ketua bidang pencegahan gugus tugas penangan covid-19 melihat semakin bertambahnya penyebaran corona virus disease (Covid-19) di Kota Palembang belum berakhir.

Dalam melaksanakan pembelajaran di rumah, kata Zulinto, pendidik sebaiknya tidak terfokus pada pembelajaran dan penilaian kognitif saja, melainkan tetap harus juga menyeimbangkan dengan aspek efektif dan keterampilan yang berbasis pada pendidikan karakter.

Selain itu lanjutnya, juga mendorong para pendidik agar lebih kreatif menjalankan pembelajaran jarak jauh dari rumah dengan tidak fokus pada kompetensi akademik semata. Namun harus mengenali dan memanfaatkan minat serta potensi anak didik sehingga tugas yang diberikan dijalankan dengan total dan penuh semangat.

“Kepala sekolah dan pendidik dalam melaksanakan pembelajaran di rumah agar mengutamakan kualitas proses pembelajaran daripada mengejar ketercapaian target kurikulum dan ketuntasan materi pelajaran,” tegasnya.

Dikatakannya, kegiatan belajar dari rumah lebih menekankan kepada pembelajaran kontekstual learning atau pembelajaran yang bermakna yang dapat melatih dan meningkatkan pengembangan life skill peserta didik.

Editor : Rian

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More