intens.news
Memberi Informasi Bukan Sekedar Berita

Disdik Palembang Sambut Baik Asesmen Kompetensi-Survei Karakter Sebagai Penilaian Pengganti UN

0 36

Intens.news, PALEMBANG – Adanya kebijakan yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, untuk menggantikan Ujian Nasional (UN) dengan sistem penilaian asesmen kompetensi minimum dan survei karakter, hal ini dinilai sangat baik bagi Dinas Pendidikan Kota Palembang.

“Jika yang diatur oleh  pemerintah mengganti UN dengan asesmen kompetensi minimum dan survei karakter sangat baik, sehingga ujian itu memang benar-benar bermanfaat untuk kedepannya,” Jelas Kasi Kurikulum SMP Dinas Pendidikan Kota Palembang, Surmana.

Menurut Surmana,  berdasarkan riset dari Stefan Jhon Stainle nim, ipk, ranking itu tidak menentukan kesuksesan seseorang.  “Jadi untuk apa ? kalau misalkan anak kita nilai rapornya kecil, kenapa meski susah, justru yang pertama menentukan kesuksesan seseorang itu kejujuran yang nomor satu,” katanya.

”Jadi nim, ranking, ipk tidak menentukan kesuksesan seseorang, makanya dengan adanya kebijakan seperti ini memang sangat tepat bahwa, adanya suatu perubahan melihat bagaimana kemampuan anak, walaupun ini didalam undang-undangnya memang ada bahwa pemerintah berhak untuk menguji, dalam bentuk apa ? dalam bentuk isntrumen yang mengaju kepada PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) nah ini lagi di bahas oleh Disdik Kota Palembang,” tambahnya.

Diakatakannya, ujian sejak dari dulu memang ada, baik ujian negara, ujian sekolah, ujian akhir tahun dan sekarang ujian nasional. “ jadi dari dulu memang ada cuma mungkin bentuknya saja yang berbeda sesuai dengan jaman nya,” terang Surmana.

“Zaman yang serba digital seperti sekarang, seharusnya sudah digital lah, biar anak-anak nyaman, orang zaman sekarang zaman anak millenial, zaman anak generasi Alfha, generasi Z, kok instrumen nya masih generasi A generasi X generasi experd, gak nyambunglah nah dari sinilah pentingnya regulator,”ujarnya. Tukasnya.

Editor : Rian

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More