intens.news
Mitra Informasi

Dispar Palembang Dorong Pengembangan Paket Wisata Lampung-Palembang

0 12

Intens.news, PALEMBANG- Sejak beroperasinya tol Trans Sumatera, Kepala Dinas Pariwisata Isnani Madani menyatakan dalam tahun ini pihaknya mendorong pelaku industri pariwisata untuk mengembangkan paket wisata rute Palembang-Lampung.

Hal itu dikatakannya lantaran keberadaan tol ini mempersingkat waktu tempuh antar daerah sehingga sektor pariwisata Palembang dan Lampung dapat saling terhubung.

“Pariwisata Lampung sudah menggeliat dengan adanya tol, kita seharusnya tidak bersaing tetapi kerja sama yang sifatnya saling melengkapi,  kenapa tidak jual paket wisata bersama,” ucapnya, Sabtu (19/9/2020).

Menurutnya, produk atau destinasi wisata yang ditawarkan Palembang berbeda dengan Lampung, sehingga memang tidak harusnya menjadi kompetitor.

“Kulinernya berbeda, alamnya beda, jadi bukannya kita bersaing dengan Lampung,” imbuhnya.

Jika Lampung menonjolkan wisata alam berupa pantai dan pegunungan, maka menurutnya Palembang memiliki ciri khas berupa wisata kuliner dan alam yang identik dengan Sungai Musi.

Isnaini memaparkan, konsep paket wisata tersebut bisa dirancang untuk perjalanan tiga hari sampai empat hari. Wisatawan dapat berwisata ke Palembang pada hari ke-3 dan hari ke-4 setelah sebelumnya berkunjung ke Lampung.

Sementara itu, Ketua Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies (ASITA) DPD Sumsel, Anton Wahyudi, mengatakan, pihaknya siap berkolaborasi dengan pelaku industri pariwisata di provinsi tetangga.

“Kami sudah beberapa kali berbincang dengan industri dan dinas pariwisata Lampung, memang potensi wisata di dua daerah ini cukup besar,”  ucapnya.

Menurut Anton, kekuatan pariwisata Palembang terletak pada beberapa ikon, seperti Sungai Musi hingga wisata olahraga melalui keberadaan Jakabaring Sport City (JSC) yang mana destinasi tersebut tidak dimiliki Lampung.

“Wisata Lampung dan Palembang sangat berbeda jadi kita bisa saling melengkapi, apa yang tidak ada di Lampung bisa kita lihat di Palembang dan sebaliknya pun begitu,” kata dia.

Dia memaparkan idealnya paket wisata yang bisa ditawarkan agen perjalanan bisa berupa 3 hari 2 malam. Bahkan untuk yang waktu singkat pun, seperti 2 hari 1 malam juga memungkinkan.

“Karena kehadiran tol betul-betul membuat perjalanan Palembang-Lampung menjadi singkat. Berangkat pagi hari dari Palembang bisa makan siang di Lampung dan ke pantai, hari kedua bisa jelajah wisata kuliner di Palembang lagi,” tuturnya.

Diakhir wawancara dirinya pun menyatakan bahwa pihaknya bersama Dispar Kota Palembang dan ASITA DPD Lampung sedang merancang paket tersebut agar para industri pariwisata lebih berminat untuk mengikuti  kegiatan ini.

“Iya ini masih kita rancang seperti apa keuntungan bagi para industri apa kelebihannya dan persyaratan yang seperti apa ini masih direncanakan dan berharap para industri pariwisata bisa untuk berpartisipasi dan mengembangkan rencana ini juga nantinya,” tutupnya.

Editor : Ridiansyah

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More