intens.news
Memberi Informasi Bukan Sekedar Berita

Disperindagkop Pagaralam Siapkan 3 M Talangi Bunga Pinjaman UKM

0 16

Inten.news, PAGARALAM – Pinjaman tanpa bunga, salahsatu program kerja Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni dan Wakil Walikota Muhammad Fadli  (Alfad), memang ditunggu masyarakat. Betapa tidak, saat ini dimulai pengurusan berkas permohonan yang masuk terus mengalir, untuk mendapatkan rekomendasi agar bisa terealisasi pinjaman yang mereka ajukan.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Kota Pagaralam, Dawam, mengatakan, di tahun ini untuk menalangi pinjaman tanpa bunga ini Pemkot Pagaralam melalui APBD menyiapkan anggaran tiga miliar. Dengan demikian, jika diakumulasikan total pinjaman yang bakal digelontorkan bisa mencapai sekitar Rp200 miliaran.

“Bunga pinjaman yang ditanggung 7 persen, bunga inilah yang ditanggung oleh Pemkot melalui APBD Kota,” jelasnya

Yang jelas, lanjutnya, untuk mendapat rekomendasi usulan pinjaman harus lengkap. Diantaranya, harus memiliki KTP-el, memiliki rekening tabungan, melampirkan surat keterangan usaha (SKU).

“Pemohon kita ingatkan, mereka tidak tersangkut pinjaman dengan perbankan lainnnya. Untuk besaran pinjaman melalui rekomendasi Disperidagkop Rp5 juta hingga Rp25 juta,” terangnya.

Mereka yang sudah mendapat rekomendasi dari Disperindagkop UKM dilanjukan proses perbankan. Yaitu, verifikasi berkas oleh pihak bank yang ditunjuk.

“Ditahap ini, kelengkapan berkas diverifikasi. Pihak bank melakukan survey. Layak atau tidak, mereka yang menentukan bukan kita,” ujar dia.

Untuk diketahui, Tujuan program ini sebagai bentuk pemberdayaan kepada masyarakat. Meringankan masyarakat untuk mengembangkan usaha atau bisnis mereka. Setidaknya terbantu untuk mengembangkan usaha. Karena, melalui program pinjaman ini masyarakat tak perlu lagi membayar bunga pinjaman. Namun, tetap diwajibkan menyelesaikan angsuran pinjamannya selama periode pinjaman.

“Program pinjaman ini juga direncanakan berkelanjutan ke depannya, bahkan tahun 2020 mendatang anggaran APBD akan lebih besar untuk menalangi bunga pinjaman untuk mengembangkan usaha kecil masyarakat,” pungkasnya.

Editor : Rian

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More