intens.news
Mitra Informasi

Dituding Gratifikasi, Ketua KPK: Saya Sewa Helikopter, Pakai Dana Pribadi

0 74

Intens.news, PALEMBANG – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri, angkat bicara perihal dirinya yang dikabarkan naik helikopter mewah saat ziarah ke makam orangtuanya di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan (Sumsel), pada 20 Juni 2020 lalu.

Dengan tegas, dia membantah bahwa ia hidup bermewah-mewahan saat pulang ke kampung halamannya. Dia pulang ke kampung halaman dalam rangka ziarah ke makan orangtuanya.

“Apa yang saya lakukan semuanya untuk pekerjaan, agar semuanya lancar dalam menjalankan tugas saya dan bukan untuk kemewahan. Gaji saya cukup untuk itu dan bukan untuk hidup mewah,” ungkap Firli, saat dikonfirmasi, Selasa (30/6/2020).

Menurutnya, cuti yang hanya satu hari di sela-sela kesibukannya, dimanfaatkan untuk memanjatkan do’a langsung ke makam orangtua. Untuk itu, demi efisiensi waktu, mantan Kapolda Sumsel ini berinisiatif menyewa helikopter dengan dana pribadi.

“Ini untuk memudahkan tugas-tugas. Saya tidak menyalahgunakan jabatan. Tapi tuntutan kecepatan mobilitas, saya ini mengabdi kepada bangsa dan negara, makanya apapun saya korbankan untuk bangsa dan negara,” tegasnya.

Terpisah, Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Masyarakat Miskin Kota (MMK) Palembang, Arifin Kalender, mengatakan bahwa apa yang dilakukan Firli itu bukanlah gratifikasi. Sebab, dia menyewa helikopter dengan dana pribadi.

“Sangat wajar kalau pak Firli menyewa helikopter dengan dana pribadi. Kan jarak tempuh untuk ke kampung halamannya memakan waktu yang lama, 5 sampai 10 jam. Sedangkan cuti hanya satu hari. Jadi saya anggap itu wajar, bukan hadiah yang telah ditudingkan kepada beliau sebagai gratifikasi,” terangnya.

Editor: Sadam

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More