intens.news
Mitra Informasi

Dua Lokasi BSPS Satu Hamparan Miliki NIB Tanah

0 50

Intens.news, PAGARALAM – Tahapan persiapan usulan Program Bantuan Stimulan Rumah Swadaya (BSPS) berbasis masyarakat terus dimatangkan. Tahun lalu, usulan enam lokasi pembangunan baru berbasis komunitas saat ini masih menunggu kejelasan realisasi.

“Saat ini kita belum bisa memastikan apakah usulan satu hamparan di enam lokasi bisa direalisasikan pusat atau tidak,”ujar Plt Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kota Pagaralam, David Kenedi.

Yang jelas, untuk pesiapannya dua dari enam lokasi hamparan yang diusulkan sudah memiliki Nomor Induk Bidang (NIB) tanah. Yaitu berlokasi di Kelurahan Karang Dalo Kecamatan Dempo Tengah dan Kelurahan Lubuk Buntak Kecamatan Dempo Selatan.

“Dengan dimilikinya NIB tanah menandakan statusnya masih proses untuk pensertifikatan tanah,” jelasnya.

Ia mengatakan, artinya dua lokasi dimaksud lebih siap dibandingkan dengan lokasi hamparan lainnnya (Kelurahan Candi Jaya, Kance Diwe, Perahu Dipo dan Atung Bungsu)  yang diusulkan tahun lalu ke Kementrian PUPR.

Mengenai program BSPS satu hamparan ini? Kabid Perumahan dan PSU  menambahkan, merupakan program penyedian rumah layak huni berbasis komunitas. Penerima yang memenuhi syarat diberikan bantuan untuk pembangunan baru (PB). BSPS satu hamparan berbasis masyarakat sudah direalisasikan berlokasi di Talang Ternak, Atung Bungsu, Kecamatan Dempo Selatan.

“Disatu hamparan tersebut dibangun baru hunian sebanyak 51 unit ditujukan bagi komunitas petani kopi. Yang saat ini masih terus berlanjut pemenuhan sarana PSUnya, salah satunya pemasangan jaringan pipa PAM,” ulasnya seraya mengatakan PSU meliputi akses jalan hingga listrik.

Untuk diketahui, rincian usulan tahun anggaran 2020 pembangunan baru satu hamparan ini, di Kecamatan Dempo yaitu Kelurahan Candi Jaya sebanyak 70 unit, Karang Dalo 75 unit.

Sementara di Kecamatan Dempo Selatan yaitu Kance Diwe sebanyak 80 unit, 68 unit di Perahu Dipo, 62 unit di Lubuk Buntak, dan 80 unit di Atung Bungsu. Dengan  total usulan sebanyak 435 unit yang sebelumnya lokasi hamparan telah ditinjau tim dari Direktorat Rumah Umum dan Komersial, Subdit Bantuan Rumah Umum.

Editor : Ridiansyah

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More