intens.news
Mitra Informasi

Dukcapil Sebut Pembuatan Akte Perkawinan Non Muslim Alami Penurunan

0 30

Intens.news, PALEMBANG – Plt Tugas Kasih Perkawinan Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Palembang, Tamrin Baihaki, mengatakan, pembuatan akte perkawinan mengalami penurunan.  

“Memang pada dasarnya kita dilarang untuk berkumpul dan berkerumunan, itu yang meyebabkan penurunan dalam pembuatan akte perkawinan,” jelasnya, Selasa(15/9/2020)

Dikatakannya, sebelum terjadinya COVID-19 pembuatan akte perkawinan untuk non muslim selalu banyak dalam satu bulan bisa mencaapai 76 orang.

“Puncaknya pandemi yang melanda di Sumatera Selatan pada bulan Maret lalu pembuatan akte perkawinan non muslim dalam perbulan hanya mencapai 16 sampai 25 orang untuk saat ini,” ungkapnya

Jadi, kata dia, untuk pembuatan akte perkawinan non muslim di masa pandemi ini yaitu mengalammi penurunan 50 sampai dengan 60 persen di bandingkan dengan tahun lalu sebelum covid-19 melanda.

“Jika orang non muslim ingin di hadiri pihak catatan sipil maka mereka harus memberikan berkas terlebih dahulu. Berkas yang di berikan kepada catatan sipil harus di berikan 1 minggu sebelum acara dimulai,” jelasnya.

Usai melakukan pernikahan dan pemberkatan pernikahan secara agama telah sah, langkah selanjutnya supaya pernikahan juga dianggap sah oleh negara.

“Maka untuk warga non muslim diharuskan mengurus akte perkawinan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil,” imbuhnya.

Untuk melakukan pendaftaran dan pengesahan pernikahan di bidang pencatatan sipil harus mengikuti persyaratan yang sudah di tetapkan

“Surat pemberkatan dari tempat menikah (Gereja, Vihara atau Pura). Siapkan asli dan copy-nya, Fotokopi KTP dua orang saksi (bukan orang tua mempelai), Fotokopi KTP orang tua kedua mempelai, Fotokopi KTP dan KK kedua mempelai, Fotokopi Akta Kelahiran kedua mempelai, Surat pernyataan belum pernah menikah ditanda tangani dengan materai Rp.6000 dan dengan 2 orang saksi lengkap dengan Stempel RT/RW Setempat, Surat keterangan dari Kelurahan untuk kedua mempelai. Pas foto gandeng kedua mempelai 2 lembar,” tutupnya.

Editor : Ridiansyah

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More