intens.news
Mitra Informasi

Efektifkan Belajar Daring, 37 Guru Diberi Pembekalan IT

0 31

Intens.news, PALEMBANG – Pada pandemi ini, sekolah masih melakukan KBM daring. Agar metode belajar ini efektif, maka guru harus melek teknologi dan menyajikan pembelajaran yang kreatif.

Kepala SDN 1 Palembang, Rahma Danniarti mengatakan, untuk meningkatkan pembelajaran daring, Sebanyak 37 guru baik PNS maupun non PNS SD Negeri 1 Palembang mendapatkan pembekalan keterampilan IT.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan keterampilan guru untuk memadukan antara belajar daring dan luring yang selama ini kita terapkan,” jelasnya, disela kegiatan pembekalan ketrampilan IT, Senin (18/1)

Dikatakannya, kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari kedepan mulai hari ini 18 hingga 21 Januari mendatang.

Dalam kegiatan ini, bekerjasama dengan Balai Telkom untuk memberikan pembekalan disini.

“Jadi mereka ini diberikan tentang pembelajaran via zoom, google classroom , google meet dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Lanjut dia, kegiatan daring sudah sejak dikeluarkanya edaran dari Dinas Pendidikan Kota Palembang sampai dengan sekarang sampai menungguh arahan lebih lanjut.

“Bagi yang terkendala sarana seperti HP maka walisiswa mengambil tugas ke sekolah jadi itu namanya luring atau luar jaringan. Bagi yant ada tetap daring,” beber dia.

Sebagian besar, pembelajaran selama ini diterapkan banyak melakukan daring dengan memanfaatkan teknologi.

“Jadi kami juga berikan pembekalan agar para guru yang senior juga agar tidak gaptek,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang, Ahmad Zulinto membuka acara keterampilan tersebut.

“Ini pembekalan yang baik dan berguna bagi guru yang saat ini belajar ditengah daring. Kita inginkan para guru di SDN 1 Palembang ini dapat menyampaikan pesan yang baik,” jelas dia.

Lanjut dia, apalagi saat ini wifi sudah dipasang di sekolah-sekolah sehingga ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh guru.

“Dengan pembekalan ini guru jadi paham bagaimana menyiapkan pembelajaran, apa yang mau disiapkan dan lain sebagainya,” jelas dia.

Zulinto menilai, apalagi di SDN 1 Palembang ini juga telah menciptakan inovasi belajar yang baik dengan memanfaatkan halaman sekolah.

“Kita lihat ada guru yang belajar daring via zoom dengan suasana diluar. Ini memang sudah lama ada tapi di SDN 1 Palembang memanfaatkan ini agar guru dan siswa juga  tidak bosan,” beber dia

Lanjutnya, guru dipandang perlu berinovasi dalam kegiatan belajar mengajar dan harus responsif terhadap teknologi. Dengan begitu guru dapat memberikan akses pembelajaran yang mandiri, fleksibel, dan pembelajaran baru. “Guru yang baik itu terus mengikuti perkembangan teknologi informasi,” pungkasnya.

Editor : Rian

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More