intens.news
Mitra Informasi

Eksotisnya Air Terjun Batu Betiang Empat Lawang

0 120

Intensnews,EMPATLAWANG-Kawasan perbukitan di sepanjang aliran sungai Lematang, banyak menyembunyikan surga-surga keindahan di dalam lebatnya hutan dan alam yang masih liar. Di desa Ulak Dubuk Kecamatan Talang Padang Kabupaten Empat Lawang, terdapat wisata air terjun Batu Betiang. Air terjun ini sangat indah, bentuknya yang berundak-undak karena kikisan air, dan bebatuan yang cadas dan curam, meredupkan emosi para pengunjung karena indahnya ciptaan Tuhan.

Air yang turun deras dan gemericik suaranya menghantam bebatuan di bawah, menambah suasana mistis di gelapnya rimbun pohon yang tertutup rapat. Namun, suasana seketika berubah saat air membasahi seluruh tubuh, yang terasa sangat segar dan bersih.

Foto(Ist): Keasrian alam air terjun Batu Betiang

Lokasi air terjun Batu Betiang memang sangat indah. Lokasi air terjun Batu Betiang yang berada di desa Ulak Dabuk, Kecamatan Talang Padang itu sekitar 20 kilometer dari kota Tebing Tinggi, atau sekitar 30 menit dengan menggunakan sepeda motor. Sayangnya, untuk menuju lokasi perlu keberanian dan persiapan. Sebab, pengunjung harus melalui jalan yang terjal, melewati lembah, dan mata di manjakan perbukitan yang bebaris indah. Kebanyakan yang mendatangi air terjun tersebut, adalah para pecinta alam.

“Kami dari Tebing Tinggi, sengaja kesini untuk beradventure mengeksplor keredan wisata batu betiang ini. Disin selain airnya jernih, alamanya juga masih asri dan rindang,” kata Riyan, salah seorang pencita alam dari Empat Lawang.

Menurut dia, untuk pergi ke air terjun tersebut sebaiknya di lakukan secara berkelompok mengingat medan yang terjal dan akses jalan yang sulit di lalui. Apalagi, kata Riyan, jika suasana hujan maka jalanan akan menjadi licin dan perlu berhati-hati.

Kawasan air terjun Batu Betiang dari pantauan intensnews, memang masih sangat asri. Bahkan belum ada pembangunan fasilitas dari pemerintah. Meski tempat tersebut sangat indah, hanya mereka yang memiliki jiwa petualang saja yang sengaja datang ke kawasan air terjun tersebut.

Foto(Ist): Para petualang yang menikmati suasana air terjun Batu Betiang

Jon Kenedi, salah seorang warga setempat mengatakan, pihaknya berharap pemerintah memperhatikan keberadaan air terjun Batu Betiang sebagai salah satu destinasi wisata di Empat Lawang. Sebab, jika air terjun tersebut sering di datangi masyarakat, maka akan memberi dampak positif bagi desa Ulak Lubuk.

“Dulu kami dengar kabar bahwa air terjun ini akan menjadi salah satu icon wisata Empat Lawang. Dan pemerintah juga sudah membangun akses jalannya, tapi ya belum maksimal saja. Mungkin kedepan akan lebih baik,” ungkap Jon Heri.

Editor: Muhammad Uzair

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More