intens.news
Mitra Informasi
intens hari raya

Empat Lawang Aktifkan Koperasi Mati Suri

0 14

Intens.news. EMPAT LAWANG – Sejumlah koperasi yang selama ini mati suri di Kabupaten Empat Lawang, berharap mendapatkan pendampingan yang lebih intensif dari Pemerintah Kabupaten Empat Lawang, untuk dapat dijalankan kembali kedepannya.

Seperti yang diungkapkan Muslihan, salah seorang pengurus koperasi yang ada di Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker). Dia berharap koperasi yang pihaknya kelolah dapat dijalankan kembali seperti yang pernah pihaknya lakukan beberapa tahun lalu.

“Koperasi kami dulunya koperasi serba usaha, anggotanya pernah mencapai ratusan orang. Belakangan koperasi kami tidak lagi berjalan karena beberapa sebab,” ungkap Muslihan kepada tim satuan tugas (satgas) pengawasan koperasi Kabupaten Empat Lawang, yang sedang melaksanakan monitoring dan evaluasi (monev) ke kecamatan ini.

Menurut Muslihan, pihaknya sudah berencana menghidupkan kembali koperasi tersebut. Jika dulu unit usaha yang pihaknya jalankan fokus ke unit usaha simpan pinjam, kedepan pihaknya melirik unit usaha tempat rekreasi dan pariwisata.  Sayangnya, di anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) dan akte notaris koperasi ini tidak mencantumkan unit usaha itu, padahal koperasi ini merupakan koperasi serba usaha.

“Makanya kami berharap bimbingan dari satgas pengawasan koperasi, agar unit usaha yang kami lirik ini, dapat dijalankan kedepannya,” ungkap Muslihan.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi UMKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Empat Lawang, Aidil Yuliansyah melalui Kasi Pengawasan Koperasi, Milan Viska mengatakan, menyambut baik keinginan koperasi yang dikelolah Muslihan dan anggotanya untuk menghidupkan koperasi yang pernah mati suri tersebut.

Tidak hanya koperasi itu, hampir seluruh koperasi mati suri yang pihaknya datangi di seluruh wilayah Kabupaten Empat Lawang kali ini bersama petugas penyuluhnkoperasi lapangan (PPKL), berharap hal yang sama bagaimana menghidupkan kembali koperasi yang mati suri tersebut.

“Intinya, kami merespon keinginan pihak koperasi yang ingin dihidupkan kembali, agar dapat memberikan kesejahteraan bagi anggota dan bermanfaat bagi masyarakat di sekitarnya,” jelas Viska.

Lebih lanjut Viska menjelaskan, kedatangan pihaknya ke seluruh kecamatan di wilayah Kabupaten Empat Lawang pada saat ini, memang melaksanakan monev. Jika sebelumnya melakukan monev ke koperasi-koperasi binaan yang sudah sehat, pada kali ini monev menyasar koperasi yang baru dibentuk dan koperasi mati suri serta koperasi yang kesulitan untuk berkembang.

“Tentunya kita ingin tahu kendala apa yang dihadapi mereka dan menyarankan solusi agar koperasi itu dapat berjalan,” ujarnya.

Kemudian sambung Viska, dari hasil monev ini akan dilaporkan ke Kepala Dinas Koperasi  UMKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Empat Lawang, untuk selanjutnya diteruskan ke Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Selatan di Palembang.

Editor: Deddy Pranata

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More