intens.news
Mitra Informasi

Empat Lawang Dapat Kuota 2.000 Bidang di 2020, PTSL untuk 2021 Masih Digodok

0 153

Intens.news, EMPAT LAWANG – Kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kabupaten Empat Lawang sudah tuntas. Cepatnya program itu tuntas, karena berkurangnya kuota tahun ini, dari sebelumnya diberikan sebanyak 5.000 bidang, akibat pandemi COVID-19, dikurangi menjadi hanya 2.000 bidang.

Kini, Kantor Pertanahan Empat Lawang menunggu kuota untuk tahun 2021. Belum dapat dipastikan, apakah kuota untuk tahun depan, bisa sampai 5.000 bidang, bahkan lebih. Atau jauh dibawah itu, karena pemerintah masih memfokuskan anggaran untuk penanganan pandemi COVID-19.

Sebagaimana diakui Kepala Kantor Pertanahan Empat Lawang, Ahmad Zairil melalui Kasi Hubungan Hukum Pertanahan, Aspin Prayogi. “Untuk tahun 2021, keputusannya belum ada. Karena sekarang lagi digodok oleh pusat,” katanya.

Pihaknya masih menunggu, dengan harapan Empat Lawang tetap mendapatkan kuota. Mengingat ditahun ini, terjadi pengurangan kuota yang cukup besar untuk Empat Lawang. “Nanti kalau sudah ada keputusan, akan kita informasikan ke masyarakat,” ujarnya.

Di tahun ini, awalnya Empat Lawang mendapatkan jatah untuk 5.000 bidang di program PTSL. Namun karena pandemi COVID-19, memaksa pemerintah merealokasi dan merevisi anggaran. Sehingga anggaran yang dialokasikan untuk Empat Lawang, hanya menyisakan untuk kegiatan PSTL sebanyak 2.000 bidang.

Realokasi anggaran juga mengenai pagu alokasi untuk Program Redistribusi Tanah. Empat Lawang awalnya diberikan kuota. Akan tetapi, anggaran ini juga terkena dampak dari realokasi dan refocusing anggaran untuk penanganan COVID-19.

Dengan berkurangnya kuota tambahnya lagi, pekerjaan menjadi lebih cepat tuntas. Sehingga kini, ia memastikan, seluruh kegiatan yang terkait dengan PTSL, sudah rampung dan sudah dibagikan ke masyarakat langsung oleh Bupati Empat Lawang.

“Khusus PTSL tahun 2020, sudah selesai semuanya. Dan sudah kita bagikan seluruhnya,” ucapnya.

Editor: Sadam

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More