intens.news
Memberi Informasi Bukan Sekedar Berita

Empat Terdakwa Kasus Tapal Batas Dihukum 16 Bulan Penjara

0 136

Intens.news, PALEMBANG – Majelis Hakim Pengadilan Negeri Klas 1 A Khusus Palembang, Kamalludin, menjatuhkan hukuman pidana 16 bulan penjara terhadap empat terdakwa kasus korupsi proyek pembangunan gerbang tapas batas Palembang-Banyuasin.

Selain itu, empat terdakwa, yakni Khairul Rizal, Ichsan Pahlevi, Ahmad Toha dan Asmol Hakim, diwajibkan membayar dengan pidana denda sebesar Rp50 juta. Dengan catatan, bila tidak dibayar diganti dengan kurungan penjara selama dua bulan.

Disamping itu, mengenai uang kerugian negara sebesar Rp505 juta yang telah dititipkan ke Jaksa, menurut hakim dirampas untuk negara. Sebagaimana melanggar Pasal 3 ayat (1) Jo Pasal 18 UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi Jo Pasal 55 ayat 1 (Ke-1) KUHP sebagaimana dalam dakwaan kedua.

“Bila tidak sependapat dengan putusan ini, para terdakwa maupun Jaksa dapat mengajukan upaya hukum banding atau pikir-pikir selama satu pekan kedepan,” ucap Kamaludin, dalam sidang yang berlangsung di Pengadilan Negeri Klas 1 A Khusus Palembang, Senin (2/12/2019).

Menanggapi putusan hakim, para terdakwa terlihat tersenyum dan berkoordinasi dengan penasihat hukumnya masing-masing dan langsung menyatakan pikir-pikir. “Atas putusan ini tim jaksa penuntut umum juga masih pikir-pikir dan akan kita laporkan dulu kepada atasan,” kata Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Palembang, Dede M. Yasin, ditemui usai persidangan.

Sebelumnya, para terdakwa dituntut pidana penjara selama satu tahun enam bulan dan denda sebesar Rp50 juta subsider tiga bulan kurungan.

Editor: Sadam

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More