intens.news
Memberi Informasi Bukan Sekedar Berita

Equnix Business Solutions Beri Edukasi Software Open Source ke Mahasiswa di Palembang

0 37

Intens.news, PALEMBANG – Sebagai upaya meningkatkan kompetensi mahasiswa di era disrupsi, PT Equnix Business Solutions menghadirkan inisiatif kampanye edukasi kepada mahasiswa di kota Palembang tentang solusi software Open Source. Kampanye ini mengakngkat  tema “Sosialisasi Implementasi Open Source di Perbankan dan Bisnis”.

Kampanye edukasi berformat seminar tersebut berlangsung di Universitas Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan, pada 18-19 November 2019 yang dihadiri oleh mahasiswa dan dosen dari Universitas Sriwijaya, Politeknik Negeri Sriwijaya, Universitas Bina Darma, Universitas Muhammadiyah Palembang, Universitas Indo Global.

“Di era disrupsi dan Revolusi Industri 4.0 saat ini, lingkungan bisnis menghadapi banyak perubahan yang membutuhkan kecepatan dalam merespon, menyikapi maupun menjawab perubahan tersebut,” kata Julyanto Sutandang, CEO PT Equnix Business Solutions.

“Para mahasiswa, terutama yang terkait dengan teknologi, perlu mengembangkan diri untuk menghadapi tantangan yang dinamis dalam menghadapi daya saing sumber daya manusia, serta mendorong para mahasiswa menjadi seorang technopreneur,” imbuhnya.

Hal senada diungkap Dekan Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya, Prof Subriyer Nasir, menyebut, pihaknya menyambut baik penyelenggaraan seminar ini. “Ddiharapkan mampu membuat para mahasiswa lebih gesit mengembangkan diri dan menjawab tantangan tren masa depan yang dinamis, terutama di dunia bisnis dan perbankan,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan, seminar edukasi ini bisa memberikan bekal persiapan dini bagi para mahasiswa untuk memahami kebutuhan sumber daya TI di dunia bisnis dan perbankan. “Serta memberikan gambaran alternatif bisnis yang dapat dikembangkan oleh para mahasiswa teknik, khususnya TI, untuk menjadi seorang technopreneur,” sebutnya.

Sementara itu, Anggota Komisi IV Bidang Kerjasama dan Pengembangan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Sriwijaya, Zakaria mengatakan, lingkungan pendidikan tinggi, terutama yang terkait dengan teknologi, memerlukan pelatihan yang tepat untuk meningkatkan kompetensi guna mencetak technopreneur dan sumber daya manusia berdaya saing di era disrupsi dan Revolusi Industri 4.0.

“Kampanye edukasi tentang software Open Source diharapkan bisa memberikan pengetahuan kepada para mahasiswa tentang manfaat dan efisiensi software Open Source di lingkungan bisnis,” katanya.

Menurutnya, kampanye edukasi software Open Source kali ini menjadi yang pertama diselenggarakan di pulau Sumatera. Penyelenggaraan kampanye edukasi software Open Source di pulau Sumatera ini penting karena menjadi domisili perusahaan rintisan terbanyak kedua setelah pulau Jawa dengan porsi 11,53 persen dari 2.079 perusahaan rintisan di Indonesia menurut data dari 1000startupdigital.id.

“Pengetahuan tentang software Open Source tentunya akan berguna bagi para mahasiswa untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang dibutuhkan perusahaan rintisa,” tutupnya .

Editor : Ridiansyah

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More